PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA KELAS VIII SMP MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK
Abstract
This research aimed at improving the questioning skills of junior high school students in guided inquiry learning in light and optical devices. This study uses a type of research, namely quantitative descriptive. The data analysis technique used is the n-gain test, the data collection technique uses a questionnaire (questionnaire) and tests. This research involved 30 students from class VIII-C of SMP and 1 science teacher. The results showed that all students already had moderate learning abilities with indicators of ability to ask questions. Therefore, it can be concluded that the high ability to ask students has an effect on science learning outcomes. (1) Students' ability to ask questions can be seen from the average pretest and posttest scores that have increased from 49% to 92% with a maximum score of 75. (2) the implementation of learning to obtain mode percentage> 3. (3) The response questionnaire obtained an average of 95% with a very good category.
References
Aliyah, J. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Cahaya. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, Vol 4 No 02 (2016): Yudisium Periode II Tahun 2016. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/14994
Anam, Khoirul. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Anam, Khoirul. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Anam, Khoirul. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arfika, Fitria. (2017). “Pengaruh Media Berbasis Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Membuat Kampuh Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat”. E-Journal Universitas Negeri Medan 5 (1) https://doi.org/10.36294/jurti.v7i1.3482
Aulia, Dkk.(2019). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 60-78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707
Azwar, S. (2002). Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya (2nd ed). Pustaka Pelajar.
Bahder johan Nasution. (2016). Metode Penelitian Hukum. Bandung: CV Mandar Maju.
Banchi, H. & Bell, R., 2008. The Many Levels of Inquiry. Journal of Science and Children, 15(4), pp.516–529. https://www.researchgate.net/publication/281990828_The_many_levels_of_inquiry
Damawiyah, Sinta, and Abdullah Sani Ridwan. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha Dan Energi di Kelas VIII Semester II Smp Negeri 1 Pagajahan. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) 3, no. 2: 182–190. https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5141
Diana, Nur. (2018). Financial Accounting Standards for Micro, Small & Medium Entities (SAK EMKM) Implementation and Factors That Affect It. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi dan Manajemen, Vol 15 (2) : 50-59. 10.31106/jema.v15i2.1126
Muchindasari,Dwi. (2016). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII-B SMPN 4 Madiun. Madiun: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Vol 4. No 1. http://doi.org/10.25273/jems.v4i1.203
Elwi. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kalimantan Timur: Jurnal Pendidikan LPMP. Vol IX (2): pp 1858-3105. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16546
H. Moch. Agus Krisno. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Hamdayana, Jumanta. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iswatun, Mosik, and Subali Bambang. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan KPS Dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 3, no. 2: 150–160. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871
Istiadah, Feida Noorlaila. (2020). Teori-teori Belajar Dalam Pendidikan. Edu Publisher.
Jayanti, Dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Dan Berpendapat Pada Materi Sistem Imunitas Siswa Kelas XI IIS-1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. ISSN: 2407-4659. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/8311
Kemdikbud. (2018). Lampiran III Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (Standar Proses). https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=2004
Kencanawati, dkk. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Fisika III, Madiun: 15 Juli 2017. Hal: 266-274. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.33006
Kiki, Dkk. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik B. F Skinner Dalam PembelajaranPembelajaran: Studi Analisis Terhadap Artikel Jurnal Terindeks Sinta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.263.
Kusumawardani, (2016). Peningkatan Keaktifan Bertanya Melalui Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Sebelas Maret. Volume 5, No. 2 Hal 43 - 47. https://doi.org/10.20961/bio pedagogi.v5i2.5426
Law, Q. P. S., So, H. C. F., & Chung, J. W. Y. (2017). Effect of Collaborative Learning on Enhancement of Students ’ Self-Efficacy , Social Skills and Knowledge towards Mobile Apps Development. American Journal of Educational Research, 5(1), 25–29. http://pubs.sciepub.com/education/5/1/4
Lestari, R. (2017). Profil Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Bandar Lampung: Universitas Lampung. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/12534
Usman, Husaini. 2013. Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Llewellyn, D. (2013). Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation. USA: Saga Publication
Wasis, W., & Ibrahim, M. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MELATIHKAN KREATIVITAS SISWA SMK JURUSAN OTOMOTIF PADA MATERI FLUIDA STATIS. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(1), 1431–1440. https://doi.org/10.26740/jpps.v7n1.p1431-1440
Mashuri, DKK. (2017). Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika: Upaya Guru Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa. Pythgoras: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034
Mulyadi, Dedy. (2016). Administrasi Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. (2009.) Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=51196&pRegionCode=JIUNMAL&pClientId=111
Nasution. (2006). Berbagai Pendekatan dan Proses Belajar dam Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nofika, M. 2019. Pengembangan Keterampilan Bertanya Siswa dalam Pembelajaran tentang Vektor Menggunakan Model Pembelajaran Problem Composing. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/32979
Nuraini, F. (2017). Profil Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran Biologi SMA N 2 Bandar Lampung. Lampung: Universitas Bandar Lampung. Hlm. 1-58. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/12503
Nurhadi, N. (2020). Teori Kognitivisme serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. EDISI, 2(1), 77-95. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Oktavianus, S. (2017). Respon Karyawan PT. Pembangkitan Jawa Bali Mengenai Isi Media Internal Info PJB. Jurnal E- Komunikasi, 5(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/6184/0
Pramudia, Dkk. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Bertanya Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ilmiah: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Vol. 5 No. 2. https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.2940
Putri, Saraswati Basuki, Sarwi, and Isa Akhlis. (2018). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Kegiatan Lab Virtual Dan Eksperimen Riil.‖ Unnes Physics Education Journal 7, no. 1: 14–22. https://doi.org/10.15294/upej.v7i1.22477
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Royani, M. dan Muslim, B. (2014). Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat. EDUMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 22-28. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v2i1.586
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusmayanti, A., Muti'ah, A., & Husniah, F. (2017). Penerapan Keterampilan Bertanya dan Memberikan penguatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Lingua Franca, Vol. II. Hlm. 510-518. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84569
Salim dan Haidar. (2019). Penelitian Pendekatan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Saragih, Lia Fatmawati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Make A Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11369
Sari, R. M., Rusdi, R., & Maulidiya, D. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.31-39
Setyorini, Peni. (2019). Peningkatan Keaktifan Bertanya Dan Hasil Belajar Tema Panas Dan Perpindahannya Melalui Model Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. https://doi.org/10.20961/jkc.v7i3.40781
Siswantoro. (2020). Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri dengan Model Pencapaian Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 2020, 28(1), 26-33. http://dx.doi.org/10.17977/um035v28i12020p026
Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktek. Jakarta: Permata Puri Media.
Suci, Yeritia., Wahyudi, and Satutik Rahayu. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kuripan. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3, no. 2: 181–187. Doi:10.29303/jpft.v3i2.398
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=410517
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods).bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018.) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi, Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suherni. (2013). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Dalam Materi Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Keragaman Pada Tingkat Organisasi Kehidupan SMP Negeri Kabupaten Deli Serdang. Universitas Negeri Medan: Tesis. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v11i2.64459
Sunata, Y., Hakim, R., F, F., Fitria, Y., & Mayar, F. (2020). Penggunaan Strategi Group Resume Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 44–50. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.286
Tri Amiasih, dkk. (2017). Peningkatan Kemampuan Bertanya dan Keaktifan Berkomunikasi Peserta Didik Melalui Penerapan Model Inquiry Terbimbing. Universitas Sebelas Maret: Journal Edukasi. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i2.11446
Usman, Husaini. (2013). Manajemen Teori, Pabrik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Depok: Puri Cipta Media. http://lib.stikesyatsi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=10415
Copyright (c) 2023 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PDF Downloads: 47