PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DAN TANPA DUKUNGAN MEDIA PREZI PADA PEMBELAJARAN AKUTANSI KELAS X DI SMK NEGERI 2 NGANJUK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa dalam penerapan Problem Based Learning dengan menggunakan prezi dan tanpa menggunakan media Prezi pada pembelajaran akuntansi. Penelitian ini termasuk penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang melibatkan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen murni (true Eksperimen) dengan desain eksperimen Post Test Control Only Groub Design yang hanya menggunakan nilai post test. Tempat penelitian ini adalah di SMK Negeri 2 Nganjuk sedangkan subjek yang diteliti adalah siswa kelas X prodi Akutansi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Nganjuk. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling atau sampel diambil secara acak setelah pretest. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol dan X AK 3 sebagi kelas eksperimen, dengan jumlah siswa kedua kelas tersebut sebesar 34 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah nilai post pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan dukungan media prezi adalah sebesar 89,11 sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tanpa dukungan media prezi nilainya adalah sebesar 81,61. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test menunjukan hasil sebesar 0,002 hasil itu menunjukan taraf signifikan kurang dari 0,05 sengingga Ho ditolak dan Ha diterima ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media Prezi dan kelas tanpa media.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Prezi, Hasil Belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

