PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI ASET TETAP BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMETASI K-13 DI SMKN 2 BUDURAN
Abstract
Pelaksanaan Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan melatihkan ketrampilan proses yang dicerminkan dalam kegiatan pembelajaran yang dikenal sebagai pendekatan saintifk. Saat ini kurikulum 2013 telah diterapkan, namun pemerintah belum menyediakan bahan ajar yang layak dan sesuai dengan kurikulum 2013. Diperlukan suatu bahan ajar yang inovatif, dan kreatif, dan sesuai dengan kurikulum 2013 berupa modul dengan pendekatan saintifik. Tujuan akhir penelitian ini adalah menghasilkan produk akhir berupa modul akuntansi berbasis pendekatan saintifik dengan materi aset tetap, mengetahui kelayakan modul, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, yang terdiri dari angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka berupa angket telaah para ahli. Angket tertutup berupa angket validasi para ahli dan angket respon siswa saat uji coba terbatas. Hasil skor presentase validasi diperoleh berdasarkan perhitungan skor menurut skala Likert dan respon siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi komponen kelayakan isi sebesar 81,75%, komponen kelayakan penyajian sebesar 80%, komponen kelayakan bahasa sebesar 92%, dan komponen kelayakan kegrafikan sebesar 82,6%. Keseluruhan hasil validasi modul berdasarkan 4 komponen kelayakan dari para ahli diperoleh rata-rata presentase sebesar 86%. Sedangkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa modul berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan sangat baik menurut respon siswa dengan hasil presentase sebesar 86,25%. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan ini yaitu modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung implementasi kurikulum 2013 di kelas XII akuntansi SMKN 2 Buduran Sidoarjo.
Kata kunci : Modul, Pendekatan saintifik, Aset Tetap, SMKN 2 Buduran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

