PENGARUH HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI, MATEMATIKA EKONOMI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Tingkat pemahaman akuntansi merupakan kemampuan untuk memahami dan mengerti tentang akuntansi. Tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya yaitu hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi, minat belajar dan kepercayaan diri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganlisis pengaruh langsung hasil belajar Pengantar Akuntansi, Matematika Ekonomi dan Minat belajar terhadap tingkat pemahaman Akuntansi dan pengaruh tidak langsung kepercayaan diri memperkuat atau memperlemah pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2013 Universitas Negeri Surabaya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t (1) hasil belajar pengantar akuntansi sebesar 2,51, (2) hasil belajar matematika ekonomi 2,917 , dan (3) minat belajar sebesar 47,266 sedangkan dengan adanya (4) kepercayaan diri sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi sebesar -0,00122, (5) kepercayaan diri memperkuat pengaruh hasil belajar matematika ekonomi sebesar 0,00101 dan (6) kepercayaan diri memperlemah pengaruh minat belajar sebesar -0,001695 terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Nilai R Square menunjukkan 20,9 % dipengaruhi oleh hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi dan minat belajar dan 79,1% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam permodelan.
Kata kunci: Hasil Belajar, Minat Belajar, Kepercayaan Diri, Pemahaman Akuntansi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

