STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT DAN MPL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni (true experiment design) yang dilaksanakan pada kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Gedangan. Sampel diambil dari dua kelas yang homogen, yaitu kelas XI IPS-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS-4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan model pembelajaran langsung. Dimana kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung (MPL).
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT),
hasil belajar siswa
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

