STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas X Akuntansi di SMKN 1 Boyolangu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain eksperimen murni (true experiment design). Model eksperimen yang digunakan adalah adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Boyolangu dimana kelas X AK1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas X Akuntansi di SMKN 1 Boyolangu. Hasil belajar siswa pada penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) lebih baik daripada hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

