STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA SISWA SMK NEGERI 1 PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO

  • Yuli Astutik PPKn UNESA
  • Harmanto 0001047104

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, hambatan, dan upaya penanaman nilai-nilai moral pada siswa SMK Negeri 1 Pungging Kab. Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dan metode studi kasus. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menerangkan bahwa nilai-nilai moral yang ditanamkan pada siswa SMK Negeri 1 Pungging meliputi ketaqwaan, kepatuhan, kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab yang terintegrasi melalui mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah. Hambatan dalam penanaman nilai-nilai moral antara lain, kurang sadar diri, pengawasan dari keluarga/orang tua, perhatian dari guru dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai moral pada siswa, dan kurangnya sosialisasi disiplin kepada siswa. Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu, guru BK memberikan bimbingan kepada siswa yang melanggar peraturan sekolah, komunikasi antara pendidik dan siswa diperlukan, kerjasama antara pendidik dan orang tua.
Kata kunci: Strategi, Penanaman nilai-nilai moral

Abstract
This research aims to know the strategies, obstacles, and growing efforts of moral values in students of SMK Negeri 1 Pungging Kab. Mojokerto. This research used a qualitative approach and case study method. Informants were selected by purposive sampling technique. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. Data analysis in research using data reduction, data display, and conclusion. The result explain that moral values are inculcated in students of SMK Negeri 1 Pungging include devotion, obedience, discipline, honesty, and responsibility are integrated through subjects, self-development, and school culture. Constraints in cultivation of moral values among others, less conscious self-esteem, control of family/parents, the attention of the teacher in the implementation of cultivation of moral values in students, and lack socialization of dicipline to students. Efforts to overcome these obstacles namely, teacher of BK provide guidance to students who violate school rules, communication between educators and students is needed, cooperation between educators and parents. 
Keywords: Strategy, cultivation moral values

Published
2013-05-24
How to Cite
Astutik, Y., & 0001047104H. (2013). STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA SISWA SMK NEGERI 1 PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 317-332. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n1.p317-332
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 99