KONTRIBUSI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA SMA NEGERI 19 SURABAYA

  • Muhammad Syaifudin
  • Agus Satmoko Adi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam membentuk perilaku siswa SMAN 19 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan “apa adanya” tentang suatu variable, gejala atau keadaan serta penelitian deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraann terhadap pembentukan perilaku siswa di SMAN 19 Surabaya. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi PPKn dalam pembentukan perilaku gemar membaca, religius dan peduli sosial masih rendah yaitu dengan persentase antara 40,49% sampai dengan 46,47%. Sedangkan perilaku mandiri, peduli lingkungan, kreatif, rasa ingin tahu, jujur, cinta tanah air, menghargai prestasi, tanggung jawab, disiplinkerja keras, bersahabat/komunikatif sudah cukup yaitu dengan persentase antara 47,49% sampai dengan 63,63%. Perilaku toleransi, cinta damai, semangat kebangsaan, demokrasi dalam kategori tinggi yaitu dengan persentase antara 72,50% sampai dengan 79,35%.

Kata kunci: Kontribusi, PPKn, Perilaku.

Abstract

This research have purpose to know contribution of Civics Education (PPKn) for making students’ behavior of SMAN 19 Surabaya. This research is used a quantitative research approach with descriptive research, the research that is used to describe "what is" about a variable, symptoms or circumstances and descriptive study was not intended to test the hypothesis. This research aims to determine the contribution of Civics Education lesson for making students’ behavior of SMAN 19 Surabaya. Conclusion of this research shows that the contribution of Civics Education to love in reading behavior, religious and care social, with the percentage between 40,49% to 46,47%. While independent behavior, care for the environment, creative, curiosity, honesty, patriotism, respect for achievement, responsibility, discipline, hard work, friends/communicative is enough that the percentage of between 47,49% to 63,63%. And behavior tolerance, love of peace, the spirit of nationalism, democracy is high category that the percentage of between 72,50% to 79,35%.

Keywords: Contribution, Civics Education, Behavior.

Published
2014-05-14
How to Cite
Syaifudin, M., & Adi, A. (2014). KONTRIBUSI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA SMA NEGERI 19 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 670-684. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n2.p670-684
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 115