IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DEMOKRASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DI SMALB-B PGRI DLANGGU

  • Aprilya Juwita Sari PPKn
  • I Made Suwanda

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan demokrasi pada anak berkebutuhan khusus tunarungu di SMALB-B PGRI Dlanggu dan kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan demokrasi beserta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus yang dilakukan pada kelas X SMALB-B PGRI Dlanggu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang implementasi pendidikan demokrasi di SMALB-B PGRI Dlanggu Mojokerto berdasarkan pada prinsip demokrasi yang terdiri dari kedaulatan rakyat, kebebasan dan persamaan. Kedaulatan rakyat dapat diimplementasikan dari partisipasi siswa dalam mengikuti pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Kemudian penerapan kebebasan dapat diketahui dari kehidupan sekolah misalnya kekebasan menyatakan pendapat yang dilakukan dalam proses pembelajaran, kebebasan dalam membentuk kelompok belajar, kebebasan dalam memilih ketua kelas, kebebasan dalam mengeksplorasikan kemampuan dalam membuat ketrampilan, dan kebebasan dari perlakuan sewenang-wenang. Sedangkan bentuk pelaksanaan persamaan berupa persamaan di muka hukum dalam mematuhi tata tertib yang ada, persamaan sosial yang mana tidak membeda-bedakan antara anak berkebutuhan khusus satu dengan yang lainnya, persamaan kesempatan dalam mengikuti pemilihan anggota koperasi, persamaan politik dalam menentukan susunan pengurus pramuka dan persamaan ekonomi yang membebaskan setiap siswa dari biaya sekolah.

Kata Kunci: Pendidikan Demokrasi, Anak Tunarungu

 

Abstract

The purpose of this study is to investigate the application of democratic education conducted by the deaf children in SMALB PGRI Dlanggu along with the obstacles encountered in the implementation of democratic education and the efforts made to overcome the existing obstacles. This study used a qualitative approach with a design case study conducted on a class-B X SMALB PGRI Dlanggu. The technique of collecting data using interviews, observation, and documentation. The technique of data analysis through data reduction, data display, and conclusion.The results of this study are implement democratic education based on the principles of democracy which consists of popular sovereignty, freedom and equality. Popular sovereignty can be implemented from the student's participation in the elections and the presidential election. Then the application can know the freedom of school life such as freedom of expression is carried out in the learning process, the freedom to form study groups, the freedom in choosing the head of the class, the ability to explore the freedom in making skills, and freedom from abuse. While the form of the implementation of the equation in the form of equality before the law to comply with the discipline, social equality which does not discriminate between children with special needs with each other, equality of opportunity in participating in the election of members of cooperatives, the political equation in determining the composition of management scout and equations economic exempt any student from school fees.

Keywords: Educational Democracy, Deaf Children

Author Biography

Aprilya Juwita Sari, PPKn
S1 PMP-KN
Published
2014-08-25
How to Cite
Sari, A., & Suwanda, I. (2014). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DEMOKRASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DI SMALB-B PGRI DLANGGU. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 1046-1060. https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n2.p1046-1060
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 79