Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Menggunakan Metode Brainstorming Tertulis Disertai Game online Terhadap Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Putri di MTs Annajah Jakarta
Kata Kunci:
Edukasi gizi, Gizi seimbang, brainstorming, brainstorming tertulisAbstrak
Pengetahuan dan sikap yang kurang tentang gizi seimbang pada remaja putri dapat menyebabkan masalah gizi seperti underweight, Kurang Energi Kronik, anemia, dan obesitas. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap adalah melalui edukasi gizi dengan metode brainstorming tertulis disertai game online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi seimbang dengan metode brainstorming tertulis disertai game online terhadap pengetahuan dan sikap pada remaja putri di MTs Annajah Jakarta. Desain penelitian ini quasi eksperimental dengan two grup pretest - posttest design. Jumlah sampel sebanyak 85 orang yang dipilih dengan random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar test pengetahuan dan angket sikap. Analisis statistik menggunakan Independen T test. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode brainstorming tertulis disertai game online berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada siswi MTs Annajah Jakarta dengan nilai signifikansi yaitu untuk pengetahuan (p=0.000) dan nilai untuk sikap (p=0.000). Saran yang diberikan peneliti adalah penggunaan media pembelajaran sebagai aspek ilustrasi agar kegiatan edukasi gizi lebih efektif dan memotivasi siswa.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2024-07-08
Cara Mengutip
Zahira, Z. (2024) “Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Menggunakan Metode Brainstorming Tertulis Disertai Game online Terhadap Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Putri di MTs Annajah Jakarta”, Jurnal Gizi dan Kesehatan Nusantara, 4(2), hlm. 585–590. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/58788 (Diakses: 5 Juli 2025).
Terbitan
Bagian
Artikel

