EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL GIZI DI INSTALASI GIZI RSUD DR. HARJONO PONOROGO

Penulis

  • Larastiti Windatari Gizi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Standar pelayanan minimal, Ketepatan waktu, Ketepatan diet, Sisa makanan, Standar pelayanan min, ketepatan waktu, ketepatan diet, sisa makanan

Abstrak

Pelayanan gizi rumah sakit bertujuan meningkatkan mutu layanan kesehatan untuk semua pasien dengan pelayanan makanan optimal sesuai standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian ketepatan waktu, ketepatan diet, dan sisa makanan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan RSUD Dr. Harjono Ponorogo sebagai subjek dan standar pelayanan minimal sebagai objek yang diberikan kepada 300 responden dengan kriteria menerima diet biasa dan berumur 17-65 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi atau formulir untuk mencatat ketepatan waktu distribusi, ketepatan diet, dan sisa makanan dengan menerapkan metode visual Comstock. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata umur responden adalah lansia akhir (55-65 tahun) dengan jumlah 107 responden (35,7%). Karakteristik responden terdiri dari 156 laki-laki (52%) dan 144 perempuan (48%). Kesimpulan penelitian ini adalah capaian ketepatan waktu dan ketepatan diet mencapai 100%, namun capaian sisa makanan sebesar 25,12%, dan belum memenuhi standar minimal Kemenkes Nomor 129 Tahun 2008, yaitu ?20%. Kata Kunci: Standar pelayanan minimal, Ketepatan waktu, Ketepatan diet, Sisa makanan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

AKG (2013) ‘Angka Kecukupan Gizi Energi, Protein, Lemak, Mineral dan Vitamin yang Dianjurkan Bagi Bangsa Indonesia’, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2013 [Preprint].

Almatsier, S. (2017a) Penuntun Diet. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Almatsier, S. (2017b) Penuntun Diet. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Andani, A.M. (2013) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Sisa Makanan pada Pasien Rawat Inap di Ruang Penyakit dalam RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

Angriani, D. (2019) Hubungan Sisa Makanan, Ketepatan Waktu, Rasa Dan Penampilan Menu Yang Disajikan Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Kelas III RSI Siti Khadijah Palembang. Politekneik Kesehatan Palembang.

Anwar I, Herianandita E, R.I. (2012) ‘Evaluasi sistem penyelenggaraan makanan lunak dan analisis sisa makanan lunak di beberapa rumah sakit di DKI Jakarta, tahun 2011’, Gizi Indonesia, 35(2).

van Bokhorst de van der SM, Roosemalen M, Weijs P, L.J. (2012) ‘High Waste Contributes to Low Food Intake In Hospitalized Patients’, Nutr Clin Pract Off Publ Am Soc Parenter Enter Nutr, 2(27), pp. 274–280.

Comstock EM, ST RP, M.Y. (1981) ‘Measuring Individual Plate Waste in School Lunches. Visual Estimation and Children’s Rating vs Actual Weighing of Plate Waste’, Journal of the American Dietetic Association, 77((3)), pp. 290–296.

Departemen Kesehatan RI (2013) Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit (PGRS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Dewi, A. (2015) Hubungan Mutu Pelayanan Makanan Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Makanan Di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.

Dewi, L.S. (2015) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Sisa makanan pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Djatiroto Lumajang’, Skripsi, pp. 58–65.

Fithriyati, D. (2017) Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Sisa Makanan pada Pasien Rawat Inap Dewasa Kelas II dan III Rumah Sakit Pelita Anugerah Mranggen, Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Kemenkes (2008) ‘Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit’.

Kemenkes RI (2020) ‘Permenkes No 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit’, Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit, (3), pp. 1–80. Available at: http://bppsdmk.kemkes.go.id/web/filesa/peraturan/119.pdf.

Kementerian Kesehatan RI (2018) Survey Konsumsi Pangan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia.

Khitan, A. (2015) ‘Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Pelayanan Gizi dan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram’, Universitas Brawijaya, Thesis.

Mardianingsih, N. (2018) Implementasi Cpaian Standar Pelayanan Minimal Gizi Di Rumah Sakit Umum Daerah Manokwari Provinsi Papua Barat. Universitas Gajah Mada.

Mardianingsih, N., Utami, F.A. and Palupi, I.R. (2020) ‘Capaian standar pelayanan minimal gizi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari Papua Barat’, Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 16(4), p. 152. doi:10.22146/ijcn.42425.

Moenarko, R. (2004a) ‘Makanan Biasa’, in Almatsier, S. (ed.) Penuntun Diet. baru. Jakarta, p. 29.

Moenarko, R. (2004b) ‘Makanan Lunak’, in Almatsier, S. (ed.) Penuntun Diet. baru. Jakarta, p. 32.

Moenarko, R. (2004c) ‘Makanan Saring’, in Almatsier, S. (ed.) Penuntun Diet. baru. Jakarta, p. 37.

Nafi’a, Z.I. (2021) ‘Faktor Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit : Literature Review Patient Satisfaction Factors for Food Service In Hospital : Literature Review Zidni Ilma Nafi ’ a Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat , Fakultas Kesehatan Masyara’, Jurnal manaajemen kesehatan Yayasan RS.Dr Soetomo, pp. 233–247.

Nisak, et al (2019) ‘Metode PDAT Dan Comstock Lebih Efisien Dibandingkan Food Weighing’, Nutrire Diaita, 11(1), pp. 18–26.

Nuraini N. (2017) Suhu Makanan dan Sisa Makanan Pasien Dewasa Diit Lunak di Rawat Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Kota Semarang, Skripsi. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Peraturan Pemerintah (2021) ‘Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan’, (086146).

Prakoso, M.I.D. (2004) ‘Makanan Cair’, in Almatsier, S. (ed.) Penuntun Diet. baru. Jakarta, p. 43.

Rosita (2017) Hubungan Ketepatan Waktu Distribusi Dengan Asupan Makan Pasien Di RSUD Wates Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Ruliana (2016) ‘Pelayanan Gizi Rumah Sakit’, in Hardinsyah dan Supariasa (ed.) Gizi Teori & Aplikasi. Jakarta: EGC, pp. 401–412.

Saputri, L. (2022) ‘Perbandingan sisa maknaan dan tingkat kepuasan pasien diet biasa dan lunak di ruang rawat inap RSAL dr.Mintohardjo’, pp. 1–190.

Sari, Y. (2018) Evaluasi Proses Distribusi Makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Tingkat III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2018. Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang.

Sholeha, S. et al. (2020) ‘Pentingnya Kualitas Pelayanan Makanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap’, Jurnal Ilmiah Kesehatan, 19(02), pp. 55–58. doi:10.33221/jikes.v19i02.513.

Sumiati et al (2023) ‘Analisis Hubungan Indikator Mutu Pelayanan Gizi Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado’, Medical Scope Journal, 5(2), pp. 182–187. doi:https://doi.org/10.35790/msj.v5i2.46149.

Supariasa, I Dewa Nyoman & Handayani, D. (2019) Asuhan Gizi Klinik. Jakarta: EGC.

Tanuwijaya, L. K., Novitasari, T. D., Arfiani, E.P. and Wani, Y.A.& W.D.E. (2019) ‘Kepuasan Pasien Terhadap Variasi Bahan Makanan di Rumah Sakit’, Jurnal Gizi, 8(1), pp. 50–58.

Tanuwijaya, L.K. et al. (2018) ‘Sisa Makanan Pasien Rawat Inap: Analisis Kualitatif’, Indonesian Journal of Human Nutrition, 5(1), pp. 51–61. doi:10.21776/ub.ijhn.2018.005.01.6.

Triyanto, A. (2022) ‘Hubungan Antara Ketepatan Waktu Penyajian Makanan dan Rasa Makanan dengan Sisa Makanan Pasien Umum Rsud Raa Soewondo Kabupaten Pati’, Jurnal Widya Praja, 2(1), pp. 26–31.

Wirama, I.K. (2021) Perbedaan Sisa Makanan Berdasarkan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar, Frontiers in Neuroscience.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-08

Cara Mengutip

Windatari, L. (2024) “EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL GIZI DI INSTALASI GIZI RSUD DR. HARJONO PONOROGO”, Jurnal Gizi dan Kesehatan Nusantara, 4(2), hlm. 591–600. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/59143 (Diakses: 27 November 2025).

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 231 , PDF Downloads: 431