Pengembangan Lift The Flap Book Materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Slow Learnear di SDN Pakal 1 Surabaya
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, lift the flap book, perilaku hidup bersih dan sehat, slow learnerAbstrak
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah dasar merupakan manifestasi dari tujuan pendidikan nasional yang harus diimplementasikan secara merata, termasuk bagi siswa berkebutuhan khusus seperti slow learner. Lift the flap book menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran siswa slow learner mengenai PHBS di SDN Pakal 1 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan media lift the flap book berisi materi PHBS untuk siswa slow learner di SDN Pakal 1 Surabaya, (2) mengevaluasi kelayakan media lift the flap book tersebut, dan (3) menilai efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan sikap siswa slow learner terhadap PHBS di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian terdiri dari 10 siswa slow learner di SDN Pakal 1 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui Pre-Post Test serta angket sikap, dan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil pengembangan media lift the flap book mendapatkan validasi baik dari aspek materi maupun media dengan nilai rata-rata 75%, sehingga dikategorikan sebagai media yang layak digunakan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan dari penggunaan lift the flap book materi PHBS terhadap pemahaman dan sikap siswa slow learner, sebagaimana dibuktikan dengan hasil uji statistik Uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) 0,005 (<0,05).Unduhan
Referensi
Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.
Bukit, S., Hutagalung, S. L., & Sarbaini, W. (2022). Analisis Pemberdayaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar. Journal of Community Development (JCD), 1(1).
Firdaus, K. A. (2021). Strategi pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa slow learner.
Hardinsyah, M. S. and Supariasa, I. D. (2017) Ilmu gizi teori dan aplikasi. Jakarta: EGC.
Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54-60.
Mandagani, D. E., Khusnaini, Z. N., Aryati, N. I., & Kamala, I. (2022). Karakteristik dan Proses Pembelajaran Siswa Slow Learner. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 9(1), 46–59.
Pratiwi, H. M., & Andajani, S. J. (2020). PENGEMBANGAN LIFT THE FLAP BOOK MATERI PEMELIHARAAN HEWAN TERNAK SEBAGAI SARANA EDUKASI PADA ANAK SPEKTRUM AUTIS. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(1).
Rahmawan, D. I. (2020, July). Analisis Asesmen Pendidikan Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. In The Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education (Vol. 1, pp. 47-62).
Rahmawati, C. (2018). Perancangan Flap Book Sebagai Sarana Pengenalan Permainan Tradisional Indonesia Untuk Anak Usia 7-10 Tahun (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Sage, N. (2018). Model Pembelajaran Sekolah Peduli Anak Hebat (Spah) Bagi Siswa Penyandang Disabilitas. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 1(1), 1-1
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

