ANALISIS KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI 20kV PADA PENYULANG PEJANGKUNGAN DI PT PLN PASURUAN MENGGUNAKAN METODE RIA (RELIABILITY INDEX ASSESMENT)

  • ALEN TRI MALIKY
  • SUBUH ISNUR HARYUDO

Abstract

Abstrak

Pada penelitian ini penulis akan menentukan nilai keandalan dan berbagai indeks yang berhubungan dengan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keandalan sistem tenaga listrik jaringan distribusi 20 kV pada Penyulang Pejangkungan Pasuruan. Rumusan Masalah yang ada nilai SAIDI dan SAIFI pada penyulang pejangkungan, pasuruan menggunakan metode RIA (Reliability Index Assesment), analisis SAIDI dan SAIFI menggunakan software ETAP 12.6 pada penyulang pejangkungan Pasuruan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai SAIDI dan SAIFI pada penyulang pejangkungan, pasuruan menggunakan metode RIA (Reliability Index Assesment) dan Untuk mengetahui analisis SAIDI dan SAIFI menggunakan software ETAP 12.6 pada penyulang pejangkungan Pasuruan. Hasil dari penelitian didapat nilai SAIFI dan SAIDI menggunakan metode RIA ialah sebesar 0,295 (fault/tahun) dan 1,298 (jam/tahun). Setelah dilakukan analisis, nilai SAIFI dan SAIDI dipengaruhi oleh panjang saluran dan banyaknya trafo pada penyulang. Dimana semakin panjang saluran dan semakin banyak trafo pada penyulang tersebut nilai SAIFI dan SAIDI semakin besar.

Kata Kunci : SAIDI, SAIFI, RIA (Reliability Index Assesment).

Published
2019-08-07
How to Cite
TRI MALIKY, A., & ISNUR HARYUDO, S. (2019). ANALISIS KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI 20kV PADA PENYULANG PEJANGKUNGAN DI PT PLN PASURUAN MENGGUNAKAN METODE RIA (RELIABILITY INDEX ASSESMENT). JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 9(1). https://doi.org/10.26740/jte.v9n1.p%p
Section
Sistem Pengaturan
Abstract Views: 1089
PDF Downloads: 1237