SISTEM PENGENDALIAN POSISI SUMBU AZIMUTH PADA TURRET GUN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC CONTROLLER BERBASIS ARDUINO MEGA 2560

  • NUR AFIKHAH
  • PUPUT WANARTI RUSIMAMTO

Abstract

Pertahanan negara pada hakikatnya adalah segala upaya pertahanan yang bersifat semesta yang didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta kayakinan pada kekuatan sendiri dengan tujuan untuk menjaga dan melindugi kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa. Salah satu pertahanan yang telah didukung kecanggihannya yaitu turret gun. Turret gun merupakan senjata proyektil dengan mekanisme putar dalam orientasi azimuth dan elevasi yang memungkinkan dapat di tembakkan ke berbagai arah.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan prototipe dan mengetahui hasil pengujian sistem pengendalian posisi azimuth turret gun berbasis arduino mega 2560 dengan kendali Fuzzy. Skema pengendalian menggunakan Multi Input-Single Output (MISO) dengan dua variabel masukan adalah error sudut azimuth dan turunan error. Sedangkan keluaran kendali adalah nilai PWM. Mesin inferensi Fuzzy yang digunakan adalah metode mamdani.

Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pengendalian posisi sumbu azimuth pada turret gun dengan menggunakan fuzzy logic controller berbasis arduino mega 2560 berhasil di buat. Plant dapat bergerak mengikuti titik koordinat yang telah diberi nilai masukkan. Dengan mengimplementasikan kendali Fuzzy pada plant dapat memperbaiki respon gerak plant dengan hasil analisis respon dinamik Ess = 0 , Mp = 2,2 %, td = 0,283 detik, tp= 0,409 detik, ts (2%) = 1,636 detik, ts (5%) = 1,227 detik, dan tr = 0,898 detik.

Kata Kunci : Azimuth, Turret Gun, Fuzzy logic Controller, Arduino Mega 2560

Published
2019-10-28
How to Cite
AFIKHAH, N., & WANARTI RUSIMAMTO, P. (2019). SISTEM PENGENDALIAN POSISI SUMBU AZIMUTH PADA TURRET GUN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC CONTROLLER BERBASIS ARDUINO MEGA 2560. JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 9(2). https://doi.org/10.26740/jte.v9n2.p%p
Section
Articles
Abstract View: 69
PDF Download: 100