Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Authors

  • Kamelia Wulandari Safrida Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara
  • Hendri Prastiyono

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v4i1.58722

Keywords:

Pembelajaran Student Team Achievement Division, Rasa Ingin Tahu, IPS

Abstract

Pembelajaran Student Team Achievement Division merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara terpusat kepada siswa melalui belajar kelompok yang disetting secara terstruktur dengan  bantuan guru sebagai fasilitator. Dalam penelitian ini menemukan fakta bahwa siswa yang memiliki antusias tinggi dalam mencari jawaban dari berbagai sumber belum tentu memiliki rasa percaya diri dalam menyampaikan pertanyaan maupun mengemukakan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan rasa ingin tahu siswa melalui penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPS. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Subjek penelitian yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa di kelas IX-E SMP Negeri 1 Bangilan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian memperoleh kesimpulan bahwa perkembangan tingkat rasa ingin tahu siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bangilan selama lima pertemuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Safrida, K. W., Setyawan, K. G., Segara, N. B., & Prastiyono, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.26740/penips.v4i1.58722

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 26 , PDF Downloads: 15