Konstruksi Sosial Guru IPS Terhadap Pencegahan Tindakan Perilaku Bullying Dalam Pembelajaran Di SMP Surabaya

Authors

  • Fadila Kurniawati Universitas Negeri Surabaya
  • sarmini
  • Agus Suprijono
  • Katon Galih Setyawan

Keywords:

Konstruksi Sosial, Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Perilaku Bullying

Abstract

Bullying didefinisikan sebagai bentuk perilaku agresif yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi individu lain. Pembelajaran IPS mencakup isu-isu sosial sehingga dapat berperan penting dalam membentuk siswa yang bertanggung jawab secara sosial, moral, dan etika.  Oleh karena itu, peranan guru IPS dalam mengkonstruksi sosial terhadap pencegahan tindakan bullying melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis konstruksi sosial guru IPS dalam memahami fenomena bullying di lingkungan sekolah, (2) Menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru IPS dalam pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai antibullying pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hasil konstruksi sosial guru IPS yaitu faktor yang menyebabkan terjadinya bullying, tujuan siswa melakukan tindakan bullying, tindakan bullying berdampak positif dan negatif. (2) Strategi yang diterapkan guru yaitu mengintegrasikan materi anti-bullying dalam pembelajaran, membangun kesadaran melalui media dan teknologi, menjadi role model dan teladan bagi siswa, serta menciptakan lingkungan kelas yang aman dan nyaman. Dengan memahami proses konstruksi sosial yang dilakukan guru IPS, penelitian ini dapat memberikan wawasan baru serta rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan dalam menangani tindakan bullying di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, P. Y. (2023). Peran Guru dalam Menanamkan Pandangan Anti Bullying dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar Palengaan Laok. Larisa Penelitian Multidisiplin, 1(2), 8–15.

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). Penanaman Sikap Anti Bullying Verbal Melalui Pembelajaran IPS (Studi Kasus Siswa IPS Kelas 8 SMP Negeri 3 Batu). In Braz Dent J. (Vol. 33, Issue 1).

Bunga, E., Br, L., Habibah, N., Pulungan, A. A., Rahma, A., & Panjaitan, S. (2024). Pembelajaran Nilai Dalam Ips. 06(3), 72–85.

Butar Butar, H. S., & Karneli, Y. (2021). Persepsi Pelaku Terhadap Bullying dan Humor. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 372–379. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1843

Faidin, N. (2019). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri I Palibelo. Prosiding Seminar Nasional TPascasarjana UNNES, 207–212. http://semnas.tsb.ac.id/index.php/semnastsb2019/article/view/91%0Ahttps://semnas.tsb.ac.id/index.php/semnastsb2019/article/download/91/54

Iyan, A., Ridwan, A., & Rustini, T. (2022). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 908–917. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.706

Karim, A., Aunurrahman, A., Halida, H., & Ratnawati, R. E. (2023). Implementasi Landasan Pendidikan Dalam Mengoptimalkan Peran Guru Dan Manajemen Sekolah Dalam Mencegah Perilaku Bullying. Academy of Education Journal, 14(2), 1515–1534. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2130

Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1294

Manalu, N. H. (2022). Jurnal pendidikan ips. Kompleksitas Konflik Ukraina-Rusia, Vol. 12, N(Konflik Ukraina-Rusia), 39–48. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.617

Ningsih, S. W., & Sari, D. (2020). The Factors Influencing Bullying Actions At School-Age Children In Elementary School 63 Lubuk Basung. Jurnal Kesehatan, 9(2), 162. https://doi.org/10.35730/jk.v9i2.365

Nisma, & Nelliraharti. (2024). Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying Di Sekolah Dasar. Journal of Education Science (JES), 10(1).

Nurida, N. (2018). Analisis perilaku pelaku Bullying dan upaya penanganannya (studi kasus pada siswa Man 1 Barru). Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 25–31. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.128

Psikologi, J., Siregar, P. N., Syahfitri, D., Putri, D. U., Surip, M., & Medan, U. N. (2024). Jurnal Psikologi. 8762, 52–64.

Putri Felita Listiani, Muhardila Fauziah, Anggita Dedek Eka Fatmala, Fathurahman Fathurahman, Mechy Khaerima, & Novarinda Nurul Azizah. (2024). Perilaku Bullying Pada Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2672

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892

richard oliver & Zeithml., dkk 2018 ). (2021). Perilaku Bullying Ditinjau Dari Peran Kelompok Teman Sebaya Dan Iklim Sekolah Pada Siswa SMA Di Kota Gorontalo. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366

Telussa, R. P., Lewerissa, C. M., Siska Bogar, D., Sylfia Sairdama, S., Matakena, S., Kaihatu, J., Afi Rangkoly, S., Jasmari, J., Hidayatillah, T., & Andrea Tamaela, K. (2024). Mengubah Sekolah Menjadi Tempat Belajar Yang Aman dan Nyaman: Program Pencegahan dan Penanganan Bullying di SMTK TNSnKecamatannTNS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1037–1040. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2855

Widiatmoko, T. F., & Dirgantoro, K. P. S. (2022). Pentingnya Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Mengatasi Perilaku Perundungan Di Kelas [the Importance of the Teacher’S Role As a Guide in Overcoming Bullying in the Classroom]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 238. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.2072

Yaqin, N., Sutarjo, & Sholeh, S. (2022). Role Model Guru Sebagai Asas Pendidikan Karakter Siswa Di Era Society 5 . 0. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 9(1), 69–79.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Fadila Kurniawati, sarmini, Agus Suprijono, & Katon Galih Setyawan. (2025). Konstruksi Sosial Guru IPS Terhadap Pencegahan Tindakan Perilaku Bullying Dalam Pembelajaran Di SMP Surabaya. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 235–245. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/66314

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 57 , PDF Downloads: 15