PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) BERBASIS MACROMEDIA FLASH MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH

  • Sandra As'ari
  • Isnawati Isnawati
  • Raharjo Raharjo

Abstract

Sistem pertahanan tubuh merupakan materi yang bersifat abstrak serta memiliki banyak konsep dan istilah.Untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep dan istilah secara sederhana dan menyenangkan dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan permainan teka-teki silang (TTS) berbasis macromedia flash. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran teka-teki silang berbasis flash materi sistem pertahanan tubuh yang layak. Model pengembangan yang digunakan adalah ASSURE yang terdiri dari enam tahap pengembangan yaitu Analyze learner, State objective, Select methods, media, and materials, Utilize media and materials, Require learner participation dan Evaluate and revise. Uji coba dilakukan terbatas pada 25 siswa di SMA Wachid Hasjim Sidoarjo. Metode pengumpulan data menggunakan metode validasi dan metode angket. Analisis data hasil validasi menggunakan kriteria skor skala likert dan dinyatakan layak jika rata-rata skor penilaiannya ≥75%. Analisis respons siswa diukur dengan skala guttman, media dikatakan layak jika mendapat skor ≥71%. Hasil validasi masuk dalam kategori valid dengan mendapatkan persentase sebesar 83,4%. Sedangkan respons siswa yang masuk dalam kategori layak dengan mendapatkan persentase kelayakan 78,8%. Berdasarkan hasil validasi dan respons siswa media flash materi sistem pertahanan tubuh untuk kelas XI SMA layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Media Flash, Teka-Teki Silang, Sistem Pertahanan Tubuh, Pengembangan

Section
Articles
Abstract Views: 718
PDF Downloads: 344