Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Fungi

  • Muchammad Shobachan Nur Universitas Negeri Surabaya
  • Guntur Trimulyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran pada kurikulum 2013 mengharapkan peserta didik mempunyai kemampuan untuk aktif saat proses pembelajaran dalam mencari, membangun dan menggunakan pengetahuannya. Keaktifan peserta didik dalam mencari dan menemukan konsep dapat dilatihkan dengan keterampilan proses sains yang bisa mengembangkan pengetahuan maupun konsep dengan ditunjang model pembelajaran inkuiri. Materi Fungi dalam pembelajaran diperlukan adanya pengamatan atau kegiatan praktikum sehingga objek yang dipelajari yaitu jamur dapat diamati secara langsung, kegiatan tersebut dapat didukung dengan model pembelajaran inkuiri sebab membutuhkan keterampilan proses sains untuk memahaminya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Fungi yang valid. Penelitian ini dilakukan memakai model pengembangan 4D yang memiliki 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun tahap disseminate tidak dilakukan. Penelitian ini memiliki batasan sampai tahap pengembangan dan validasi, belum diujicobakan. Data dikumpulkan menggunakan metode validasi oleh 2 dosen ahli yaitu pendidikan dan materi dengan instrumen validasi yang meliputi aspek penyajian, isi, dan bahasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan skor validitas LKPD 1 Fungi Mikroskopis yaitu 3,88 yang dapat dikategorikan sangat valid dan skor validitas LKPD 2 Fungi Makroskopis yaitu 3,86 yang dapat dikategorikan sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa LKPD yang dihasilkan peneliti dikategorikan layak berdasarkan validitas, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan ajar pada materi Fungi.

Kata kunci : Validitas, LKPD, Inkuiri, Keterampilan Proses Sains, Fungi

Published
2021-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 326
PDF Downloads: 327