Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri pada Materi PPerubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA

  • Nadiyah Adilah Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tuntutan pendidikan pada abad ke-21 salah satunya adalah adanya kemampuan literasi sains sebagai wadah untuk peserta didik supaya bisa bersaing di luar dan dapat menjawab tantangan dari perkembangan zaman. Tingkat literasi sains siswa di Indonesia dapat menjadi perhatian penuh karena masih rendah. Pemilihan media bahan ajar yang tepat, salah satunya adalah E-book yang tepat dapat memberi harapan mampu meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik sehingga mampu menjadi bekal untuk dapat menjawab segala persoalan yang ada di lingkungan manusia. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu dapat menghasilkan E-book yang berbasis Inkuiri dan dapat melatih kemampuan literasi sains siswa sehingga layak secara teoritis dan empiris. Penelitian berikut memiliki keinginan dalam mengembangkan E-book berbasis inkuiri yang ditinjau dari kelayakan penyajian, isi, bahasa dan respon peserta didik. E-book ini didesain dengan memakai metode 4-D yaitu Define, Design, Develop tanpa Disseminate. Lokasi pengerjaan penelitian ini adalah di jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya dan diujicobakan secara terbatas kepada 35 peserta didik kelas X di SMAN 1 Gresik. E-book berbasis inkuiri pada materi perubahan lingkungan memiliki tujuan agar dapat melatihkan kemampuan literasi sains karena dilengkapi dengan beberapa fitur diantaranya adalah Bio-Literacy, Bio-Activity, Bio-Concept dan Bio-Eval. Kelayakan secara teoritis e-book memperoleh persentase sebesar 97,05%, sedangkan kelayakan secara empiris memperoleh persentase sebesar 95,51% sehingga bisa dikategorikan sangat layak. E-book medapatkan kategori sangat layak karena memiliki fitur yang menarik bagi siswa untuk membantu pemahaman dan latihan mereka tentang materi biologi yang diajarkan.

Published
2021-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 566
PDF Downloads: 530