Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Transpor Membran Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis

Authors

  • Ardella Ivana Safitri Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p549-556

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan sistem pendidikan Indonesia melaksanakan sistempembelajaranjarak jauh. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran tersebut membutuhkan bahan ajar elektronik dandapat melatihkan salah satu keterampilan 4C yaitu berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan salah satutuntutan karakteristik 4C pada pendidikan abad ke-21. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan e-LKPDberbasis guided inquiry pada materi Transpor Membran untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswayang valid, praktis, dan efektif. Metode pengembangan yang digunakan yaitu 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Validitas e-LKPD diperoleh dari hasil validasi para ahli, kepraktisan diperoleh dari hasil
observasi keterlaksanaan e-LKPD serta keefektifan diperoleh dari ketuntasan hasil tes, ketercapaianindikator berpikir kritis dan angket respon 20 peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 21 Surabaya. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan e-LKPD ini memperoleh persentase validitas sebesar 97.9% sehingga dinyatakan sangat valid, persentase kepraktisanmemperoleh sebesar 98.3% sehingga dinyatakan sangat praktis, dan keefektifan e-LKPD memperolehketuntasan hasil pre-test dan post-test sebesar 100%, ketercapaian keterampilan berpikir kritis sebesar 87,3%, dan persentase respon peserta didik sebesar 98.35%. Dengan demikian, dapat disimpulkan e-LKPDyang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci:. e-LKPD, Guided Inquiry, berpikir kritis, transpor membran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 455 , PDF Downloads: 8474

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>