Validitas Instrumen Tes Miskonsepsi dengan Menggunakan Four-Tier True-False Test Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

  • Zen Alvita Sirya Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Miskonsepsi merupakan kekeliruan dalam memahami konsep materi pembelajaran yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah yang ada. Miskonsepsi dapat terjadi pada siswa saat mempelajari materi yang mencakup banyak konsep layaknya materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Instrumen tes miskonsepsi Four-Tier True-False Test dikembangkan dan digunakan guna mengidentifikasi miskonsepsi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan validitas instrumen tes baik dari segi validitas isi dan validitas konstruk. Pengembangan instrumen dilakukan dengan mengikuti model 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Pengembangan instrumen tes miskonsepsi dilakukan di Jurusan Biologi FMIPA Unesa, sedangkan uji coba dilakukan di SMA Negeri 1 Driyorejo dengan 35 siswa kelas XI MIPA 2. Uji coba instrumen tes miskonsepsi dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2023. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa validitas instrumen tes terbukti valid dengan validitas isi memperoleh rata-rata keseluruhan indeks Aiken V sebesar 0,8 yang termasuk dalam kategori sedang dan validitas konstruk seluruh butir soal memiliki muatan faktor > 0,4, serta mampu mengukur kemampuan mengaitkan struktur dan fungsi, kemampuan membandingkan konsep, penguasaan konsep dasar, kemampuan menafsirkan struktur, kemampuan menentukan struktur, kemampuan mengelompokkan konsep, serta kemampuan mengaplikasikan konsep.

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 83 PDF Downloads: 0