Pengembangan E-Modul Materi Virus Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p350-362Keywords:
E-modul, virus, pendekatan saintifik, Keterampilan berpikir kritis, riset pendidikanAbstract
Berpikir kritis adalah keterampilan fundamental yang diperlukan untuk menghadapi tantangan perkembangan zaman termasuk ke dalam keterampilan kompetensi pendidikan berkualitas Sustainable Development Goals (SDGs) yang perlu untuk dikuasi. Berpikir kritis dapat dilatih dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar yang relevan, yaitu e-modul yang didasarkan pada pendekatan saintifik, dengan fokus pada peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi virus. Proses pengembangan e-modul mengikuti model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Parameter penelitian ini meliputi validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa e-modul memiliki validitas sebesar 89% tergolong sangat valid. Keterbacaan e-modul terukur pada level 10 kategori praktis. Respon peserta didik menunjukkan tanggapan positif, mencapai 96%. Indikator keterampilan berpikir kritis tercapai sebesar 90%, berada pada kategori sangat baik, dan nilai N-gain sebesar 0,8 tergolong tinggi. Indikator berpikir kritis interpretasi skor N-gain 0,9 kategori tinggi, indikator berpikir kritis analisis skor N-gain 0,7 kategori sedang, indikator berpikir kritis evaluasi skor N-gain 0,7 kategori sedang, indikator berpikir kritis inferensi skor N-gain 0,8 tinggi, indikator berpikir kritis eksplanasi skor N-gain 0,7 kategori sedang. Dengan demikian, e-modul berbasis pendekatan saintifik ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk mata pelajaran Biologi kelas X SMA berdasarkan validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya.
Downloads
References
Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133.
Agustine, J., Nizkon, N., & Nawawi, S. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Kelas X IPA Pada Materi Virus. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 7–11.
Amalia, M. (2022). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Society 5.0 Untuk Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1(1), 1–6.
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433–441.
Facione, P. A. (2015). Permission To Reprint For Non-Commercial Uses Critical Thinking: What It Is And Why It Counts. Peter A. Facione, Measured Reasons LLC.
Hendry, Y., Yeni, L. F., & Marlina, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Flash Pada Submateri Struktur dan Replikasi Virus Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(10).
Hernawati, D., Amin, M., Irawati, M., Indriwati, S., & Aziz, M. (2018). Integration of Project Activity To Enhance The Scientific Process Skill and Self-Efficacy In Zoology of Vertebrate Teaching and Learning. Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2475–2485.
Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA materi bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34–48.
Inggriyani, F., Dindin, M. Z. M., Gunawan, M., & Praja, A. L. (2022). Grafik Fry Dalam Mengukur Keterbacaan Wacana Buku Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 98–115.
Kamil, F., Harahap, S. P. R., & Kurnila, N. (2022). Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Suluh Pendidikan, 10(2), 56–69.
Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2020). Berpikir Kritis Siswa Dalam Materi Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1e).
Latifah, N., Ashari, A., & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan E-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 1(1), 1–7.
Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. Mitra PGMI, 6(1), 15–27.
Megawati, M., Raharjo, R., & Purnama, E. (2019). Pengembangan Permainan Edukatif Yut Nori Sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Pencernaan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 8(3).
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631.
Muttaqin, Y. H., Pangsuma, N. S., Hartati, S., & Mas’ud, A. (2023). Education Pengaruh Model Pembelajaran Rms Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Virus. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 50–58.
Riduwan, S. P. (2016). Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sanuhung, F., Salsabila, U. H., Abd Wahab, J., Amalia, M., & Rimadhani, M. I. (2022). Pengunaan Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 20–28.
Salsabila, P. A., & Trimulyono, G. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Materi Virus Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 12(2), 287–297.
Siregar, L. F. (2022). Penyusunan Modul Dalam Pembelajaran Daring/Luring SMA Papua. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2508–2512.
Sugianto, S. D., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM Pada Materi Tekanan. Natural Science Education Research (NSER), 1(1), 28–39.
Utami, T. (2018). Penanaman Kompetensi Inti Melalui Pendekatan Saintifik di PAUD Terpadu An-Nuur. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 91–100.
Yuliani, H., Yulianti, R., Mariati, M., & Herianto, C. (2020). Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Pendekatan Saintifik Pada Sekolah Menengah Pertama Di Palangka Raya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 222–230.
Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425–432.

