Keefektifan E-LKPD Berbasis Project Based Learning (Pjbl) pada Materi Metabolisme Karbohidrat untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Kelas XII SMA

Authors

  • Arina Manasikana Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p454-461

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD), Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Literasi Sains, Diabetes Mellitus

Abstract

Abstrak

Literasi sains dipilih pada penelitian ini sebagai fokus pembelajaran karena menjadi dasar pengambilan keputusan yang rasional di era globalisasi dan perkembangan teknologi untuk menghasilkan individu yang kritis, kreatif, dan mampu bersaing secara global. Penjelajahan ilmiah ini dimaksudkan untuk merinci seberapa tokcernya e-LKPD yang dirancang dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL) dalam mendongkrak literasi sains siswa, khususnya di ranah materi metabolisme. Pendekatan yang digunakan ialah kerangka 4D, yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. E-LKPD ini dikemas dengan skema PJBL yang terdiri dari tahapan-tahapan semacam pengajuan persoalan mendalam, perancangan proyek, penjadwalan aktivitas, eksekusi karya, penilaian hasil, dan evaluasi akhir. Fokus penelitian tertuju pada tiga elemen literasi sains: mendeskripsikan fenomena alamiah, menyusun rencana investigasi ilmiah, serta menerapkan nalar saintifik. Objek uji coba terdiri dari 30 pelajar kelas XII 2 di SMA Negeri 1 Sidayu. Ukuran efektivitas ditakar dari keberhasilan dalam capaian hasil belajar melalui soal pretest dan posttest yang dirancang selaras dengan indikator literasi sains. Temuan menunjukkan bahwa terdapat lompatan capaian yang lumayan mengesankan, yakni skor N-gain mencapai 0,78 yang masuk kategori tinggi. Ini mengindikasikan bahwa kemampuan literasi sains siswa terpetakan dengan baik, sebagaimana dibuktikan lewat skor rata-rata pretest-posttest: 0,81 untuk nomor 1, 0,70 untuk nomor 2, dan 0,83 untuk nomor 3. Skor-skor ini menunjukkan adanya kemajuan, baik dalam skala sedang maupun tinggi. Dengan demikian, e-LKPD ini layak disematkan sebagai media pembelajaran yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Benjamin T.E, Marks B, Demetrikopoulos M.K, Rose J, Pollard E, Thomas A, & Muldrow L.L (2017). Development and validation of scientific literacy scale for college preparedness in STEM with freshmen from diverse institutions. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(4):607–623.

Elga A. (2017). Pentingnya Literasi bagi Peningkatan Kualitas Pemuda. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial. Badan Keahlian DPR RI. Vol. IX, No. 21. ISSN 2088-2351.

Hake R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), pp.64-74.

Indra S., Nirwana & Eko S. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahapeserta didik Pendidikan IPA. Universitas Bengkulu. Jl. WR. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu. Vol. 4 No. 1, April 2021, Hal. 35-42.

Kamariah, Muhlis, & Ramdani A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram, Mataram. Program Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan, Riset, Budaya, dan Teknologi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Masruroh I. U. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Sub Materi Zat Makanan.

Norrazifti S & Dian R. N. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMPN Haruyan. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(4), 148-156.

Novak A. M. & Krajcik J. S. (2019). A Case Study of Project‐Based Learning of Middle School Students Exploring Water Quality. In M. Moallem, W. Hung, & N. Dabbagh (Eds.), The Wiley Handbook of Problem‐Based Learning (1st Ed., Pp. 551–572). Wiley.

Prastowo A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pratiwi, S. N., C Cari, & N. S. Aminah. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9 (1):34-42.

Ramadhani D, & Rahayu Y. S. (2024). Keefektifan E-LKPD Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Sub Materi Pembelahan Sel Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Surabaya. Vol. 13 No. 3 Tahun 2024.

Zendrato, V. K. F., Lase S. N., Dohona W. M., Gea S. T. Y., Gulo E. V. N., Telaumbanua A., Humendru A. N., Gulo E. J. J., Harefa E. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Project-Based Learning Terintegrasi STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Universitas Nias, Gunungsitoli,, Indonesia

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 143 , PDF Downloads: 50

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.