Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Authors

  • Tika Awwalus Sholihah Universitas Negeri Surabaya
  • Ulfi Faizah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p502-511

Keywords:

E-LKPD, Problem Based Learning (PBL), Keterampilan berpikir kritis, Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Abstract

Pendidikan di era modern menuntut murid guna menguasai kapabilitas berpikir kritis sebagai suatu kompetensi utama. Sayangnya, tingkat keterampilan berpikir kritis di kalangan pelajar Indonesia masih rendah, yang tercermin dari penurunan skor PISA sebesar 12 poin pada tahun 2022. Situasi ini menandakan perlunya inovasi dalam perangkat pembelajaran yang dapat mengembangkan partisipasi aktif murid dalam proses berpikir kritis. Materi tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di kelas XII mencakup berbagai konsep kompleks yang sering kali diajarkan secara teoritis, tanpa dukungan kegiatan praktikum langsung maupun berbasis digital. Studi ini bermaksud guna mengembangkan E-LKPD berbasis model Problem Based Learning (PBL) pada materi tersebut yang memiliki validitas tinggi, mudah diterapkan, dan efektif dalam mengasah kapabilitas berpikir kritis murid. Proses pengembangan menggunakan pendekatan 4D, yang mencakup tahap Develop, Design, Define, serta Disseminate. Data diperoleh melalui kegiatan validasi, observasi pelaksanaan, angket tanggapan siswa, serta tes hasil belajar. Produk E-LKPD mengkombinasikan kegiatan praktikum langsung dan virtual serta dilengkapi fitur BiOpen, BiOrientation, BiOvercome, BiObservation, BiOpinion, dan BiOption. Validitas mencapai skor rata-rata 93,13%, kepraktisan diperoleh melalui respons peserta didik sebesar 99,16% dan keterlaksanaan 100%, sedangkan efektivitas ditunjukkan melalui N-gain sebesar 0,83. Kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwasanya E-LKPD berbasis PBL yang dikembangkan layak diterapkan pada pembelajaran guna melatihkan keterampilan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faizah, U., Susantini, E., Prastiwi, M. S., Raharjo, R., Indana, S., Kuswanti, N., & Ali, M. (2024). Profile of potential prospective biology teachers designing SDGs-Based Teaching Modules on learning planning courses to realize quality education. In E3S Web of Conferences (Vol. 568, p. 04025). EDP Sciences.

Novitasari, F., & Puspitawati, R. P. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Kelas XII SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 31-42.

Hasanah, I., & Wisanti, W. (2023). Pengembangan

E-LKPD Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(3), 707-718.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 151 , PDF Downloads: 60

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.