Pengembangan Media Ular Tangga Biologi pada Materi Enzim dan Metabolisme Karbohidrat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p619-629Keywords:
Media Pembelajaran, Ular Tangga, Enzim dan Metabolisme Karbohidrat, Hasil belajarAbstract
Permasalahan yang diidentifikasi dalam penelitian ini yakni rendahnya hasil belajar yang disebabkan oleh beberapa faktor yakni kurangnya keaktifan peserta didik dan adanya dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif. Misalnya pada materi enzim dan metabolisme yang bersifat kompleks dan abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran ular tangga biologi pada materi enzim dan metabolisme karbohidrat dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Uji kelayakan media ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 3, 79 untuk aspek media, 3, 924 untuk aspek soal pada media dan skor rata-rata 3, 95 untuk aspek soal pre-test dan post-test. Kepraktisan media juga sangat tinggi, ditunjukkan oleh keterlaksanaan aktivitas pembelajaran sebesar 91, 25% dan respon positif peserta didik sebesar 91%. Efektivitas media diuji melalui pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan metode N-Gain, dengan hasil peningkatan skor dari rerata pre-test 56, 25 menjadi rerata skor post-test 89, 35 dan nilai gain score sebesar 0, 81 (kategori tinggi). Selain itu, ketuntasan belajar mencapai 85% pada post-test, menunjukkan keberhasilan media dalam membantu peserta didik memahami materi. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran biologi, untuk pemantapan konsep sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Downloads
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman.
As’ari, S. A., Isnawati, & Raharjo. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Dengan Teka-Teki Silang (TTS) Berbasis Macromedia Flash Materi Sistem Pertahanan Tubuh. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 111–115.
Damayanti, I., Marwita, B., & Widiastuti, A. (2020). Penggunaan Warna Terhadap Memori Jangka Pendek: Pendekatan Biopsikologi Dalam Pembelajaran. Jurnal Bimbingan Konseling Ar-Rahman, 6(2), 83–92.
Faridah, N. M., & Isnawati. (2024). Pengembangan Media Monogen (Monopoli Genetika) Berbasis Student Team Achievement Division Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(2), 473–480.
Firdaus, D., & Rahayu, Y. S. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Miskonsepsi Menggunakan Four-Tier Multiple-Choice Test Submateri Katabolisme Karbohidrat Kelas XII SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(2), 131–139.
Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Physics, Indiana University.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.
Izdiharuddin, M. D., & Aryanto, H. (2021). Perancangan typeface display motif Kain Kapal Lampung dengan acuan gagasan Neo-Indonesiana. Jurnal Desain Komunikasi Visual (JDKV), 3(1), 207–219.
Magdalena, A., Hasibuan, A. I., & Fatmariza, S. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantu Media Digital. Jurnal Pendidikan Nusantara, 2(3), 234–245.
Mawaddatul Hoiroh, A. M., & Isnawati. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 292–301.
Maysaroh, S. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII IPA SMP N 7 Muaro Jambi. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 20–27.
Munawaroh, B., Rahayu, Y. S., & Bashri, A. (2024). Profil Permainan Edukatif Ludo Pada Materi Plantae Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(1), 254–265.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663.
Nikmah, S. N. L. (2024). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV MI NU Nurul Fattah Puger Jember. Skripsi, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Pamungkas, B.A., Isnawati. (2025). Pengembangan E-Modul biologi menggunakan sigil software untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x pada materi virus. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 14(2), 292-304.
Pramesti, H. P., & Budijastuti, W. (2024). Pengembangan Media Truth Or Dare Berbasis TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pernapasan. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(3), 705–716.
Purwanti, I., & Trimulyono, G. (2024). Pengembangan Media Kanobi (Kartu Uno Biologi) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis Peserta Didik Kelas XI SMA Pada Materi Sel. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(1), 187–196.
Purwanto, M N. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Putri, V., & Sari, M. (2024). Pengaruh Media Gambar Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SD. Journal of Education Research, 5(4), 4269–4276.
Raehang, R., & Karim, K. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 174–182.
Ramadhani, D., & Rahayu, Y. S. (2024). Keefektifan E-LKPD berbasis pendekatan konstruktivisme pada submateri pembelahan sel untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi,13(3), 691–698.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sagita, K. N., & Nuridin. (2025). Pengaruh Penggunaan Aplikasi AKSI Bahasa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Bulakan 03 Sukoharjo.
Sasmito, D. R. P., & Trimulyono, G. (2019). Pengembangan Media Permainan Funginopoli (Fungi Monopoli) Pada Materi Fungi Kelas X SMA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(3), 51–60.
Sensualita, S., Nirwana, N., & Ibrahim, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT). Universitas Negeri Makassar.
Setiawati, E., Desri, M., & Solihatulmilah, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ular Tangga Materi Sumber Energi pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Kasongan. Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(3), 977–982.
Winaningsih, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Baamboozle terhadap Kemampuan Kerja Sama Siswa Kelas V SDN Kepuh Kiriman 1 Waru. Jurnal Citra Pendidikan, 2(1), 122–130.
Winarno, A., & Ramadhani, Z. (2022). Hasil Belajar Siswa SMK Menggunakan Ispring Suite 9 Berbasis Android. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 96–109.
Zaviti, E. D. Lou, & Julianto. (2024). Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Qr Code Petualangan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Abstrak. 2579–2593.
Zuhriyah, N. L., & Trimulyono, G. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Virus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(3), 189–198.
Abstract views: 426
,
PDF Downloads: 114











