Kelayakan Instrumen Miskonsepsi Peserta Didik Five Tier Diagnostic Test (GenTest-T5) Pada Gen, Alel, dan Pewarisan Sifat

Authors

  • Yunita Umami Universitas Negeri Surabaya
  • Isnawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p736-742

Keywords:

Five-Tier Diagnostic Test, Miskonsepsi, Validitas, Reliabilitas, SMA

Abstract

Miskonsepsi merupakan pemahaman yang bertentangan dengan konsep yang benar atau sebenarnya. Mengidentifikasi miskonsespsi sangatlah perlu dilakukan agar peluang terjadinya miskonsepsi bisa tereduksi. Tes diagnostik digunakan untuk menganalisis miskonsepsi dengan cara mengidentifikasi kesulitan pemahaman siswa dan merumuskan solusi pada konsep yang bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen tes diagnostik five-tier (GenTest-T5) dalam mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada konsep gen, alel, dan pewarisan sifat. Instrumen dikembangkan melalui model pengembangan 4-D dan divalidasi oleh ahli materi, asesmen pendidikan, serta guru biologi. Uji validitas dilakukan menggunakan skala Guttman, sedangkan reliabilitas dianalisis dengan rumus Kuder Richardson-20 (KR-20). Uji coba terbatas dilakukan pada 36 siswa kelas XII-6 SMA Negeri 1 Sidayu. Hasil validasi menunjukkan bahwa seluruh butir soal tergolong “sangat valid” dengan rata-rata persentase sebesar 95,91%. Sementara itu, hasil analisis reliabilitas memperoleh koefisien sebesar 0,62, yang menunjukkan bahwa instrumen GenTest-T5 bersifat reliabel. Dengan demikian, instrumen ini layak digunakan untuk mendeteksi miskonsepsi pada materi gen, alel, dan pewarisan sifat di tingkat SMA.

Kata Kunci: five tier diagnostic test, miskonsepsi, validitas, reliabilitas, SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badrudin, B., Setiana, R., Fauziyyah, S., & Ramdani, S. (2024). Standarisasi Pendidikan Nasional. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1797-1808.

Chairunnisa, C., Muhibbuddin, M., & Khairil. (2016). Rekonstruksi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Materi Genetik Melalui Penerapan Model Learning Cycle 7E. Jurnal EduBio Tropika, 4(1):15-18.

Fajri, A., Roviati, E., & Anugrah, I. R. (2021). Identifikasi miskonsepsi siswa dengan two tier diagnostic test pada materi hereditas. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 6(2), 116-123.

Fajriyyah, N. S., & Ermawati, F. U. (2020). The Validity and Reliability of Five-Tier Conception Diagnostic Test For Kinetic Theory of Gases. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2), 126-132.

Fariyani, Q., Rusilowati, A., & Sugianto. (2015). Pengembangan Four Tier Diagnostic Test untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. Journal of Innovative Science Education,4(2),41-49.

Firdaus, N.R, & Wisanti. (2021). Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Kingdom Plantae Kelas X SMA dengan Menggunakan Three-tier Test. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. 2(1): 20-29.

Ibrahim, M. (2012) Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.

Inggit, S. M., Liliawati, W., & Suryana, I. (2021). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Menggunakan Instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5tfst) Pada Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Journal of teaching and learning physics, 6(1), 49-68.

Kahraman,S.(2019). Evaluating University Students’ Understanding of Atmospheric Environmental Issues Using a Three Tier Diagnostic Test. Journal of Environmental Education,9(1):1-17.

Kaltakci-Gurel, D., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2017). Development and application of a four-tier test to assess pre-service physics teachers’ misconceptions about geometrical optics. ReseaRch in science & Technological educaTion, 35(2), 238-260.

Kurniawati, F., & Isnawati, I. (2019). Analisis miskonsepsi siswa kelas xi mia pada materi jamur menggunakan three-tier multiple choice. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(1).

Machová, M. & Ehler, E. 2021. Secondary School Students’ Misconceptions In Genetics: Origins And Solutions. Journal of Biological Education, 1-14. https://doi.org/10.1080/00219266.2021.1933136

Madukubah, F., Taiyeb, M., & Hartati, H. (2018). Identifikasi miskonsepsi siswa pada konsep substansi genetik dengan menggunakan three tier test di kelas XII sekolah menengah atas. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 236-242).

Maulidi, A., Asriah, N.M., & Eka, A. (2015). Studi Kasus Miskonsepsi Materi Genetika Klasik Pada Siswa MAN 1 & Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tanjungpura. Symposium on Biology Education, p.251-259.

Pakpahan, T. R., Hernawati, D., & Ardiansyah, R. (2020). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Sistem Saraf Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test. Jurnal Bioeduscience, 4(1), 27.

Putra, A. S. U., & Hamidah, I. (2020, April). The development of five-tier diagnostic test to identify misconceptions and causes of students’ misconceptions in waves and optics materials. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, No. 2, p. 022020). IOP Publishing.

Putra, A. S. U., & Hamidah, I. (2020, April). The development of five-tier diagnostic test to identify misconceptions and causes of students’ misconceptions in waves and optics materials. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, No. 2, p. 022020). IOP Publishing.

Putri dan Subekti. (2021). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Metode Four-tier Certainty of Response Index: Studi Eksplorasi di SMP Ngeri 60 Surabaya. E-Jurnal Pendidikan Sains. 9(2): 220-226.

Rahayu, A., & Suratsih, S. (2018). Miskonsepsi Siswa SMA Kelas XII pada Materi Genetik dengan Metode Certainty of Response Index (CRI). Jurnal Edukasi Biologi, 7(4), 244-252.

Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 6(2), 10967-10975.

Setiana, D. S., Nuryadi, N., & Santoso, R. H. (2019). Analysis of Geometry Misconceptions In The BSE Book As A 2013 Curriculum Book Reference. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 14-20.

Syahratinnur, A. Z., & Kafrawi, M. (2023). Analisis Tingkat Pemahaman dan Miskosepsi Fisika Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Five Tier Diagnostic Test di SMAN 1 Brang Rea. CAHAYA J. Res. Sci. Educ, 1(1), 45-59.

Widiastutik, Eka & Isnawati (2021). Profil Miskonsepsi Siswa Kelas XII SMA pada Submateri Sintetis Protein Berdasarkan Hasil Uji Four-tier Diagnostic Test . Jurnal Pendidikan Biologi, 1(10), 85-94.

Wulandari, A. R., & Pramusinto, H. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 366-378.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 263 , PDF Downloads: 77

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.