E-LKPD Interaktif Berbasis Inkuiri: Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Authors

  • Nadya Harisa Ahmad Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p669-679

Keywords:

E-LKPD, Validitas, Kepraktisan, Keefektifan

Abstract

Berpikir kritis merupakan keterampilan esensial pada abad 21, tapi menurut analisis profil keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi biologi masih rendah. Materi pertumbuhan dan perkembangan menuntut pemahaman konsep melalui praktik ilmiah serta analisis hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan E-LKPD interaktif berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang layak ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian dilaksanakan di jurusan Biologi UNESA dan diujicobakan secara terbatas pada 27 peserta didik kelas XI. Validitas E-LKPD diperoleh dari penilaian ahli, kepraktisan E-LKPD diamati melalui observasi keterlaksanaan aktivitas E-LKPD dan hasil respon peserta didik, sedangkan keefektifan E-LKPD ditinjau dari peningkatan kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validitas E-LKPD memperoleh persentase 98,19% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan dikatakan sangat praktis dengan nilai keterlaksanaan aktivitas E-LKPD 99,2% dan skor respon peserta didik 85,7%. Hasil uji keefektifan E-LKPD ditunjukkan dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,74 yang artinya terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang tinggi oleh peserta didik setelah perlakuan. Dengan demikian, E-LKPD interaktif berbasis inkuiri dinyatakan layak: valid, praktis, dan efektif meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis  pada topik pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnafia, Desi Nuzul. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, Vol. 6 (1): hal. 45-53.

Agustyaningrum, Nina & Gusmania, Yesi. 2017. Praktikalitas dan Keefektifan Modul Geometri Analitik Ruang Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Dimensi, Vol. 6 (3).

Alwi, Zahra., Erlinda, & Lidyawati. 2020. Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Saintifik. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 16 (1): hal. 10 - 21.

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa,Vol. 13 (2): 94-99.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardi, R., & Hidayat, A. 2019. Evaluasi Kredibilitas Sumber Dan Bukti dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 8 (2): 102–110.

Arsyad, M. N., & Fatmawati. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Agastya, Vol. 8 (2): hal. 188-198.

Aulia, E. V., Poedjiastoeti, S., & Agustini, R. 2018. The Effectiveness of Guided Inquiry-Based Learning Material on Students’ Science Literacy Skills. Journal of Physics: Conference Series, Vol. 947 (1): hal. 12-49.

Damayanti, A. N., & Raharjo. 2020. Validitas Flipbook Interaktif pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), Vol. 9 (3): hal. 443-450.

Dhamayanti, Putri Vadia. 2022. Systematic Literature Review: Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Development, Vol. 3 (2): 209 - 219.

Facione, Peter A. 2011. “Critical Thinking: What It Is and Why It Counts”. Insight assessment, Vol. 1 (1): hal. 1-23.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. 2021. Penggunaan Situs Liveworksheet untuk Mengembangkan E-LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2 (3): 232-240.

Firdaus, A. T. B., Rizal, M. A., & Rahman, T. 2025. Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan : Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, Vol. 3 (1): hal. 256-265.

Fitri, H. M. M., & Rahayu, Y. S. 2022. Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), Vol. 11 (1): hal. 28-38.

Fitriani, D. N. M. & Yuliani. 2021. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik -Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi,Vol. 10 (3).

Fuad, N. M., Siti Z., Susriyati M., dan Endang S. 2018. Profil Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Serta Strategi Pembelajaran yang Diterapkan Guru SMP di Kabupaten Kediri Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya, Universitas Negeri Malang: 807-815

Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics, Indiana University.

Halimah, F., Nurrizki, F., Fadmala, E. I., Sulistyowati, A., & Dewi, N. K. 2023. Analisis Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi. Seminar Nasional Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), Vol. 2:

Harlen, W. 2006. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Hidayati, A. R., Fadly, Wirawan., & Ekapti, R. F. 2021. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, Vol. 1 (1): hal. 34-48.

Husain, Nurfahriani., Hamzah, Rahmah Ashari., & Dwisaputri, Rara. 2024. Pengajaran Tata Bahasa dan Ejaan Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 9 (3): 8 - 18.

Kristiani, N., Hasanah, U., Hunaenah, N., Moroki, E. S. G., Kadariyah, N., & Ibayati, Y. 2018. Modul Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah Tahun 2018: Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 jenjang SMA.

Kusuma, A. P., & Ningsih, R. 2019. Reflection Prompts in Digital Learning to Foster Self-Regulation. Jurnal Pendidikan TIK, 5(3): 101–110.

Lidiawati, K. R., & Aurelia, T. 2023. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Indonesia : Rendah atau Tinggi?. Buletin Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara.,Vol. 9 (2).

Maulida, R. U. & Yuliani. 2023. Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik E-LKPD Berbasis Guided Inkuiri: Melatihkan Keterampilan Poses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), Vol. 12 (3).

Nieveen, N., & Folmer, E. 2013. Formative Evaluation in Educational Design Research. Design Research, 153 (1): 152-169

Nurdyansyah & Fahyuni, Eni Fariyatul. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pellegrino, J. W., & Hilton, M. L. 2012. Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century. The National Academy of Science.

Pradina, Laily Eka & Yuliani. 2020. Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Test. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), Vol. 9 (1): 310-318

Rahmawati, Y., & Cahya, R. 2020. Eksplanasi Koheren dalam Pembelajaran Sains: Kerangka Kerja dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Saintek, 4(1): 45–54.

Rakhmaningtyas, Lutfiana & Rahayu, Y. S. 2022. Pengembangan E-LKPD Interaktif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), Vol. 11 (3): hal. 527-536.

Rositawati, Dwi N. 2018. Kajian Berpikir Kritis pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), hal. 74-84.

Sari, D. P., Yuliati, L., & Latifah, S. 2020. Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri pada Materi Suhu dan Kalor untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1): 74–85.

Sidhartani, Santi. 2010. Elemen Visual dan Prinsip Desain sebagai Bahasa Visual untuk Menyampaikan Rasa Studi Kasus: Aplikasi Elemen Visual dan Prinsip Desain pada Karya Nirmana Dwimatra. Deiksis, Vol. 02 (02): hal. 82-95

Sugiharti, Naning., & Gayatri, Yuni. 2021. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pedago Biologi, Vol. 9 (1): hal. 34-40.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, E., Agustinasari, Samsudin, A., & Siahaan, P. 2020. Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. 6(1): 11-16.

Thiagarajan, Sivasailam. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System

Xie, Jiarui. 2023. The Effects of Instructor Participation in Asynchronous Online Discussion on Student Performance: A Systematic Review. British Journal of Educational Technology. Vol. 55 (1): 71 - 89.

Zahroh, Dwi Aulia & Yuliani. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), VOL. 10 (3) : 605 - 616.

Zaini, M. Ihya. 2022. Kualitas E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) Konsep Plantae Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMA. Journal of Mathematics, Science, and Computer Education (JMSCEdu), Vol. 2 (1) : 1-11.

Zulaifah, F. & Fauzi, Z. A. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model PBL dibantu JGC, Media Yasinan serta Permainan Tradisional Bubuta’an. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 2 (4).

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 328 , PDF Downloads: 85

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.