Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching) Kosmetik pada Mahasiswa Psikologi Unesa
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v7i3.34461Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku brand switching kosmetik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku brand switching di kalangan mahasiswa perempuan psikologi Unesa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis dengan teknik analisis tematik. Berdasarkan hasil wawancara dengan lima mahasiswi psikologi yang memenuhi kriteria, penelitian ini berhasil mengidentifikasikan latar belakang, cara dan sumber pengetahuan merek kosmetik baru. Penelitian ini juga berhasil mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku brand switching yang meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi keinginan untuk mencari variasi baru, ketidakpuasan terhadap produk lama dan keinginan untuk mencari kosmetik yang cocok sedang faktor eksternal meliputi iklan, promosi, dan pengaruh kelompok referensi seperti keluarga, teman sebaya dan beauty vlogger. Di samping memberikan kesenangan dalam mencoba hal baru serta pengetahuan baru tentang kosmetik, perilaku peralihan merek kosmetik dapat menyebabkan kerusakan wajah, penyesalan dan pemborosan bagi para pelakunya.Kata Kunci: peralihan merek (brand switching), kosmetik, mahasiswa perempuan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

