HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS MEREK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNESA PENGGUNA KOSMETIK X

  • Indria Nurul Uyun Universitas Negeri Surabaya
  • Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kosmetik X diketahui sudah memiliki citra merek yang baik dikalangan masyarakat dengan label halal dan kualitas produknya. Citra merek merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas merek konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek dengan loyalitas merek pada mahasiswa psikologi UNESA pengguna kosmetik X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian diambil melalui teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa perempuan aktif, jurusan Psikologi UNESA angkatan 2016, 2017, 2018, dan 2019 serta pengguna kosmetik X dengan minimal dua kali pembelian ulang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 189 mahasiswa yang terbagi menjadi 24 subjek angkatan 2016, 52 subjek angkatan 2017, 55 subjek angkatan 2018 dan 58 subjek angkatan 2019. Instrumen penelitian berupa skala loyalitas merek yang disusun berdasarkan aspek loyalitas merek milik Schiffman, Kanuk dan Hansen (2012) dan skala citra merek yang disusun dengan memperhatikan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Keller (1993). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Pearson Product-Moment. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,715 (p<0,05), artinya terdapat hubungan signifikan antara citra merek dengan loyalitas merek pada mahasiswa. Perusahaan membutuhkan citra merek yang kuat dan positif untuk dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen, sehingga dapat meningkatkan niat pembelian yang berujung pada perilaku loyalitas pada merek.

Kata Kunci: loyalitas merek, citra merek,  mahasiswa.

 

Abstract

X cosmetics is known to have a good brand image among the public with the halal label and product quality. Brand image is one of the factors that can affect consumer brand loyalty. This study aims to determine the relationship between brand image and brand loyalty in UNESA psychology students who use X cosmetics. This research uses quantitative methods. The research subjects were taken through purposive sampling technique with the criteria of active female students, Department of Psychology UNESA class 2016, 2017, 2018, and 2019 as well as X cosmetic users with a minimum of two re-purchases. The sample in this study was 189 students divided into 24 subjects in the 2016 class, 52 subjects in the 2017 class, 55 subjects in the 2018 class, and 58 subjects in the 2019 class. The research instrument was a brand loyalty scale based on the brand loyalty aspects of Schiffman, Kanuk. and Hansen (2012) and the scale of the brand image compiled by paying attention to the aspects suggested by Keller (1993). The data analysis technique used is the Pearson Product-Moment correlation test. The results of data analysis showed a correlation coefficient of 0.715 (p <0.05), meaning that there was a significant relationship between brand image and brand loyalty among students. Companies need a strong and positive brand image to be able to foster consumer trust, so that it can increase consumer purchase intentions that lead to brand loyalty behavior.

Keywords: brand loyalty, brand image, students.

 

Published
2021-01-18
Abstract Views: 230
PDF Downloads: 101