ANALISIS RELASI KONSEP SELF- CONTROL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

  • Salma Widyaningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Ina Savira Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Prokrastinasi akademik merujuk kepada suatu perilaku menunda yang sering  pada tugas-tugas akademik. Perilaku prokrastinasi pada siswa dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah self- control. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai hubungan antara self-control dengan prokrastinasi akademik siswa SMA berdasarkan pada berbagai penelitian yang telah ada sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan melalui enam langkah, yaitu penentuan variabel, pencarian data literatur melalui berbagai sumber, pengumpulan data literatur, review data literatur, pengorganisasian dengan berbagai informasi, dan penyusunan laporan. Penelitian ini menggunakan menggunakan data primer, yaitu enam jurnal dan satu proceeding yang berkaitan dengan topik self- control dan prokrastinasi akademik siswa SMA dengan rentang waktu publikasi antara 2010-2020 . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa self-control  dapat memengaruhi perilaku prokrastinasi akademik yang biasa terjadi pada siswa SMA. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan semua penelitian yang menunjukkan nilai signifikasi dibawah 0,05 (<0,05) yang menunjukkan adanya peran/ hubungan secara signifikan antara variabel (X) yaitu self- control  dengan variabel (Y) yaitu prokrastinasi akademik siswa SMA.  

Kata Kunci: self- control, prokrastinasi akademik, siswa SMA.

 

                                                                                                                                 

Abstract

Academic procrastination refers to a frequent procrastination of academic tasks. Procrastination behavior in students can be caused by several factors, one of which is self-control. The purpose of this study was to describe the relationship between self-control and academic procrastination of high school students based on various previous studies.. This research is a library research through six steps, namely determining variables, searching for literature data through various sources, collecting literature data, reviewing literature data, organizing with various information, and compiling reports. This study uses primary data, namely six journals and one proceeding related to the topic of self-control and academic procrastination of high school students with a publication time span between 2010-2020. The results of this study indicate that self-control can influence academic procrastination behavior that usually occurs in high school students. This can be proven by all studies that show a significance value below 0.05 (<0.05) which indicates a significant role / relationship between variable (X), namely self-control and variable (Y), namely the academic procrastination of high school students.

Keywords: Self- control, academic procrastination , high school student

Published
2021-01-18
Abstract Views: 329
PDF Downloads: 353