HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN ASERTIVITAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Anggraheni Puspita Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Ina Savira Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan asertivitas pada siswa sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Dari keseluruhan siswa sebanyak 134 orang, penelitian ini melibatkan 59 siswa sebagai subjek penelitian dan 30 lainnya sebagai subjek tryout instrumen. Data didapatkan dengan cara menyebar kuisioner menggunakan google form secara online. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment yang dibantu program SPSS 25.0.  Hasil analisis data uji korelasi menunjukkan angka 0,298 (r= 0,298) dengan nilai signifikansinya adalah 0,022 (p < 0,05). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara regulasi emosi dengan asertivitas pada siswa sekolah menengah pertama X. Maknanya terdapat hubungan yang searah, yakni semakin tinggi regulasi emosi, maka semakin tinggi asertivitas. Sebaliknya, semakin rendah regulasi emosi, semakin rendah juga asertivitas.

Kata Kunci: regulasi emosi, asertivitas, remaja

 

 

Abstract

This study aims to determine the relationship between emotion regulation and assertiveness in junior high school students. The research method used in this research is correlational quantitative method. Of the total 134 students, this study involved 59 students as research subjects and 30 others as instrument tryout subjects. The data was obtained by distributing questionnaires using an online google form. Researchers analyzed the data using the Pearson product moment correlation test assisted by the SPSS 25.0 program. The results of the correlation test data analysis showed the number 0.298 (r = 0.298) with a significance value of 0.022 (p < 0.05). Based on the results of the data analysis, it can be concluded that there is a positive relationship between emotion regulation and assertiveness in X junior high school students. This means that there is a unidirectional relationship, namely the higher the emotional regulation, the higher the assertiveness. On the other hand, the lower the emotion regulation, the lower the assertiveness.

Keywords: emotional regulation, assertiveness, adolescent

Published
2021-07-09
How to Cite
Dewi, A., & Savira, S. (2021). HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN ASERTIVITAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(6), 117-126. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41520
Abstract Views: 445
PDF Downloads: 1220