SELF-COMPASSION PADA PEREMPUAN YANG PERNAH MENJADI KORBAN BULLYING: STUDI KASUS

  • Samantha Nur Tania Ayatilah Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Ina Savira Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran self-compassion pada perempuan korban bullying serta mempelajari lebih dalam mengenai dampak atau efek jangka panjang tindakan bullying pada self-compassion seorang individu. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang, yang diperoleh melalui penyebaran pamflet di sosial media. Metode yang digunakan untuk mengkaji data dalam penelitian ini ialah metode kualitatif, dengan pendekatan model studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur. Data yang diperoleh selanjutnya akan diolah dengan menggunakan teknik analisis tematik. Triangulasi sumber data dan waktu digunakan sebagai teknik keabsahan data pada penelitian ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah self-compassion pada perempuan yang pernah mengalami bullying tidak hanya terdampak secara negatif dalam jangka pendek, melainkan juga dalam jangka panjang. Hal tersebut diukur dari masih kurang terceminnya komponen self-compassion pada ketiga partisipan.

Kata Kunci: Self-Compassion, Perempuan, Korban Bullying

                                                                                                                                 

Abstract

This study aimed to discover about self-compassion overview in woman who have been peer victimized and also to learn deeper about the long terms impact or it’s side effect on self-compassion oneself. There were three participants in this study, which obtained through the pamphlets deployment on social media. The method that used for data examination in this research is qualitative method, with case study model approach. Data resource in this study obtained from semi-structured interview. The following data would be processed further using thematic analysis technique. Data and time triangulation are used for validity technique on this research. The result obtained from this research is that self-compassion in woman who have been peer victimized not only negatively affected in the short term, but also in the long term. Those were measured by the lack of self-compassion’s aspects in all of the three participants.

Keywords: Self-Compassion, Woman, Bullying Victim

Published
2021-07-12
How to Cite
Ayatilah, S., & Savira, S. (2021). SELF-COMPASSION PADA PEREMPUAN YANG PERNAH MENJADI KORBAN BULLYING: STUDI KASUS. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 212-226. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41768
Abstract Views: 1246
PDF Downloads: 1415