ANALISIS DESKRIPTIF STRATEGI COPING STRESS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG MENYUSUN SKRIPSI DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Nanda Kharisma Illa Billa Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Ina Savira

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran coping stres pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah “Seberapa tinggi tingkat coping stres mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya”. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa mahasiswa tingkat akhir dengan sampel sejumlah 156 mahasiswa. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner coping stres mahasiswa penulis skripsi yang terdiri dari 10 aitem. Pernyataan dikembangkan berdasarkan teknik penyusunan skala Likert dengan nilai reliabilitas 0,883. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kategorisasi coping stres mahasiswa yang sedang menulis skripsi.

Hasil penelitian ini diulas berdasarkan demografis gender, domisili, usia, dan program studi dengan perolehan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya termasuk dalam kategori coping stres sedang dengan mahasiswa berjumlah 76 mahasiswa (49%), kategori coping stress rendah berjumlah 36 mahasiswa (23%), serta kategori coping stres baik berjumlah 44 mahasiswa (28%). Mahasiswa mayoritas menggunakan strategi coping jenis problem focused coping dengan prosentase 80,77%.

Kata kunci : Coping stres, mahasiswa tingkat akhir, skripsi

Published
2023-07-07
How to Cite
Billa, N., & Savira, S. (2023). ANALISIS DESKRIPTIF STRATEGI COPING STRESS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG MENYUSUN SKRIPSI DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 447-459. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/54390
Abstract Views: 261
PDF Downloads: 601