MOTIVASI BERPRESTASI AKADEMIK SISWA SD SELAMA PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS PADA ANGGOTA AL-AKBAR STUDENT COUNCIL)

  • Safira Salsabila Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Ina Savira Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi berprestasi akademik anggota ASCO selama pembelajaran daring dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan pada penelitian ini yaitu anggota ASCO dengan prestasi akademik, yang mana masing-masing partisipan berada pada kelas 5 SD. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data berupa wawancara semi terstruktur, kemudian data dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil dari penelitian ini menunjukan dua tema yaitu gambaran motivasi berprestasi akademik anggota ASCO selama pembelajaran daring dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi akademik selama pembelajaran daring. Gambaran motivasi berprestasi akademik meliputi mengutamakan tugas sekolah, menyesuaikan diri dengan pembelajaran daring, dan pengembangan diri. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi akademik terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi dorongan dari dalam diri partisipan untuk menambah pengetahuan, kemandirian belajar, rasa tanggung jawab, adanya dorongan untuk meningkatkan prestasi akademik, serta kemampuan mengelola diri. Sedangkan faktor eksternal meliputi peran orang tua, apresiasi dari sekolah, keluarga yang menjadi panutan dalam meraih cita-cita, dan mengikuti bimbingan di luar sekolah.

Kata Kunci: motivasi berprestasi akademik, siswa sekolah dasar, organisasi siswa

                                                                                           

Abstract

This study aimed to describe the academic achievement motivation of ASCO members during online learning and the factors that affect it. The research method used was a qualitative method with a case study approach. The participants in this study were ASCO members with academic achievements, in which each participant was in the 5th grade of primary school. This study used a data collection method in the form of semi-structured interviews, then the data were analyzed using thematic analysis. The results of this study indicate two themes, namely the description of ASCO members’ academic achievement motivation during online learning and factors that affect academic achievement motivation during online learning. The descriptions of academic achievement motivation include prioritizing school assignments, adapting to online learning, and self- development. The factors that affect academic achievement motivation consist of internal factors and external factors. The internal factors include encouragement from the participants to increase knowledge, learning autonomy, responsibility, encouragement to improve academic achievement, and self-management abilities. Meanwhile, external factors include parent’s role, appreciation from school, families who became role models for achieving goals, and attending courses outside school. Keywords: academic achievement motivation, primary school students, student council

Published
2021-07-12
How to Cite
Salsabila, S., & Savira, S. (2021). MOTIVASI BERPRESTASI AKADEMIK SISWA SD SELAMA PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS PADA ANGGOTA AL-AKBAR STUDENT COUNCIL). Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(6), 190-203. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/42789
Abstract Views: 164
PDF Downloads: 385