PERBEDAAN KECEMASAN AKADEMIK DITINJAU DARI ANGKATAN MASUK PADA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Putri Agustiani Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Ina Savira Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pandemi covid-19 yang melanda berbagai Negara di dunia, yang salah satunya adalah Indonesia menjadikan pemerintah menetapkan kebijakan baru bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam segala aspek kehidupan. Aspek kehidupan yang paling dirasakan para mahasiswa adalah di dunia pendidikan, proses pembelajaran yang biasanya dilakukan secara luring di ruang kelas dengan teman-teman dan dosen, kini berubah menjadi daring yang harus diterapkan di rumah masing-masing dengan menggunakan media elektronik seperti smartphone dan laptop untuk menunjang proses pembelajaran agar tetap efektif walaupun di masa pandemi ini. Penggunaan laptop dan smartphone dalam jangka waktu yang lama menyebabkan beberapa mahasiswa yang telah dipilih sebagai subjek yaitu berjumlah 109 terdiri dari tiga kategori subjek diantaranya adalah mahasiswa angkatan 2019, 2020, dan 2021. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster sampling dan dianalisis menggunakan anava 1 jalur, sehingga didapatkan hasil bahwa mereka mengalami kelelahan yang berakibat pada distress secara fisik yaitu otot tegang, tubuh berkeringat, tangan gemetar dan jantung berdetak cepat dalam mengikuti proses pembelajaran ataupun ketika mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Kemudian berdasarkan hipotesis yang ada pada jenis penelitian kuantitatif ini ditolak yaitu dibuktikan menilai dengan tidak ditemukannya perbedaan kecemasan akademik yang ditinjau dari angkatan masuk pada mahasiswa di masa pandemi covid-19 dengan nilai Fe < Ft (0.298 < 3.08).

Kata Kunci: Kecemasan Akademik, Mahasiswa, Pembelajaran Daring

 

 

Abstract

The covid-19 pandemic that has hit various countries in the world, one of which is Indonesia, has made the government set new policies for all Indonesian people in all aspects of life.  The aspect of life that is most felt by students is in the world of education, the learning process which is usually done offline in the classroom with friends and lecturers, has now turned into online which must be implemented in their respective homes by using electronic media such as smartphones and laptops to communicate.  support the learning process so that it remains effective even during this pandemi.  The use of laptops and smartphones for a long period of time causes several students who have been selected as subjects, totaling 109 consisting of three categories of subjects including students of class 2019, 2020, and 2021. Sampling was carried out using cluster sampling technique and analyzed using 1-way anova,  so it was found that they experienced fatigue which resulted in physical distress, namely tense muscles, sweaty bodies, shaking hands and fast heart beats in following the learning process or when doing the assigned tasks.  Then based on the hypothesis that this type of quantitative research was rejected, it was proven that there was no difference in academic anxiety in terms of the incoming batch of students during the covid-19 pandemic with a value of Fe < Ft (0.298 < 3.08).

Keywords: Academic Anxiety, Students, Online Learning

 

Published
2022-04-13
How to Cite
Agustiani, P., & Savira, S. (2022). PERBEDAAN KECEMASAN AKADEMIK DITINJAU DARI ANGKATAN MASUK PADA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 149-161. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/46601
Abstract Views: 261
PDF Downloads: 514