Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Dengan Lambat Belajar
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i2.54062Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara orang tua mendidik, melatih, dan mendampingi dengan mengontrol agar anak lambat belajar dapat tumbuh dan berkembang menuju proses pendewasaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Subjek pada penelitian ini meliputi dua orang tua siswa lambat belajar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Ujung XIII Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis tematik. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh kedua subjek yang memiliki anak dengan lambat belajar lebih banyak menerapkan respon daripada tuntutan hal ini karena tuntutan yang diberikan oleh kedua subjek lebih rendah daripada harapan sehingga pola asuh yang diberikan lebih banyak respon. Meskipun tuntutan yang diberikan rendah kedua subjek tetap menerapkan sikap yang tegas dengan tidak menuruti keinginan anak apabila tidak diperlukan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

