GAMBARAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLB KABUPATEN BANGKALAN

  • Sisilya M Stevanny Universitas Negeri Surabaya
  • Hermien Laksmiwati

Abstract

Orang tua memainkan peran yang signifikan dalam mempengaruhi kehidupan anak. Pentingnya dukungan sosial dari orang tua bagi anak disabilitas intelektual sangatlah besar. Dukungan ini memungkinkan anak untuk mengembangkan keterampilan sosialisasi dan komunikasi secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana gambaran dukungan sosial orang tua yang memiliki anak disabilitas intelektual di SLB Kabupaten Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi meliputi semua orang tua yang memiliki anak disabilitas intelektual di SLB Kabupaten Bangkalan. Sampel penelitian terdiri dari tiga sekolah yang berada di Kabupaten Bangkalan, dengan total 96 responden yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis dukungan keluarga yang termasuk dalam kategori baik terbanyak adalah dukungan informasional (20,8%), dibandingkan dengan dukungan instrumental, emosional, penghargaan, dan integritas sosial. Sebagian besar responden memberikan dukungan yang cukup (74%) kepada anak-anak berkebutuhan khusus tuna grahita, sedangkan sebagian kecil termasuk dalam kategori baik (13,5%) dan kurang (12,5%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua yang memiliki anak disabilitas intelektual di SLB Kabupaten Bangkalan masih tergolong cukup.

Kata kunci : Dukungan sosial, Disabilitas intelektual

Published
2023-07-08
How to Cite
Stevanny, S., & Laksmiwati, H. (2023). GAMBARAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLB KABUPATEN BANGKALAN. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 597-608. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/54468
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 316