PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INKUIRI TERBIMBING PENUNJANG NAAP PLANETARY ORBIT SIMULATOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

  • DWI ENDAH ELFIANA
  • MADLAZIM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan NAAP Planetary Orbit Simulator yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi keteraturan gerak planet dalam tata surya di SMA. Penelitian ini menggunakan model 4D. Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan telah diujikan kepada 29 peserta didik kelas X IPA 4 di SMA Negeri 1 Kamal. Data penelitian didapat melalui metode validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Keterampilan proses sains peserta didik dan tes aspek pengetahuan dianalisis menggunakan N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa (a) LKPD yang dikembangkan dikategorikan sangat valid, (b) keterlaksanaan pembelajaran kategori sangat baik, (c) aktivitas peserta didik dalam kategori aktif dengan persentase aktivitas yang tinggi yaitu 81,90% dengan kategori aktivitas yang tinggi, (d) keterampilan proses sains n-gain dalam kategori sedang, yaitu 0,67 (e) hasil tes aspek pengetahuan mendapat n-gain yang tergolong tinggi yaitu 0,77 (f) persentase respon peserta didik sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Pesera Didik berbasis inkuiri terbimbing penunjang media virtual NAAP Planetary Orbit Simulator layak digunakan dalam proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan NAAP Planetary Orbit Simulator yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi keteraturan gerak planet dalam tata surya di SMA. Penelitian ini menggunakan model 4D. Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan telah diujikan kepada 29 peserta didik kelas X IPA 4 di SMA Negeri 1 Kamal. Data penelitian didapat melalui metode validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Keterampilan proses sains peserta didik dan tes aspek pengetahuan dianalisis menggunakan N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa (a) LKPD yang dikembangkan dikategorikan sangat valid, (b) keterlaksanaan pembelajaran kategori sangat baik, (c) aktivitas peserta didik dalam kategori aktif dengan persentase aktivitas yang tinggi yaitu 81,90% dengan kategori aktivitas yang tinggi, (d) keterampilan proses sains n-gain dalam kategori sedang, yaitu 0,67 (e) hasil tes aspek pengetahuan mendapat n-gain yang tergolong tinggi yaitu 0,77 (f) persentase respon peserta didik sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Pesera Didik berbasis inkuiri terbimbing penunjang media virtual NAAP Planetary Orbit Simulator layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Published
2018-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 85