Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik

  • JANNATUL ALFAF WAHYU
  • MADLAZIM

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik (valid, praktis, dan efektif). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Sasaran penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berpikir kreatif 32 peserta didik kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Sampang. Metode pengumpulan data yng digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi (keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik), metode tes (ketercapaian keterampilan berpikir kreatif peserta didik), dan metode angket (validitas LKPD yang dikembangkan dan respons peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan). LKPD dinyatakan layak jika persentase validitas (validitas isi dan validitas konstruk), kepraktisan (keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik), dan keefektifan (ketercapaian keterampilan berpikir kreatif dan respons peserta didik) > 68% dengan kriteria baik dan sangat baik. Persentase validitas isi sebesar 73% dan validitas konstruk sebesar 71% dengan kriteria valid. Kepraktisan menghasilkan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100% dengan kriteria sangat terlaksana dan menghasilkan persentase aktivitas peserta didik sebesar 84% dengan kriteria aktif. Kendala yang dihadapi adalah waktu yang kurang terealisasikan dengan baik. Keefektifan menghasilkan skor peningkatan ketarampilan berpikir kreatif sebesar 0,67 dengan kriteria sedang dan menghasilkan persentase respons peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan sebesar 87% dengan kriteria sangat efektif. Simpulan penelitian ini adalah LKPD berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Kata kunci: LKPD, inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kreatif

Abstract

The purpose of the research was to produce guided inquiry-based student worksheets (LKPD) that were appropriate to be used to improve students creative thinking skills (valid, practical, and effective). This research is a development research that uses ADDIE models (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). The aim of this research is to improve creative thinking skills 32 students of class X MIA 3 of SMA Negeri 1 Sampang. The data collection method used in this research was the method of observation (the learning and activity of students), the test method (the achievement of students creative thinking skills), and the questionnaire method (the validity of LKPD developed and the response of students to the developed LKPD). LKPD is declared feasible if the percentage of validity (content validity and construct validity), practicality (student learning and activity implementation), and effectiveness (achievement of creative thinking skills and student responses)> 68% with good and very good criteria. The percentage of content validity is 73% and construct validity is 71% with valid criteria. Practicality results in a percentage of 100% learning implementation with very implemented criteria and results in 84% of student activity with active criteria. The constraints faced are time that is not well realized. Effectiveness results in a score of an increase in creative thinking skills of 0.67 with medium criteria and produces a percentage of students responses to LKPD developed by 87% with very effective criteria. The conclusion of this study is that guided inquiry-based LKPD is appropriate to be used to improve students creative thinking skills.

Keywords: LKPD, guided inquiry, creative thinking skills




Published
2018-09-05
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 112