PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN SETTING INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini pre-experimental dengan desain one-grup pretest-posttest menggunnakan 1 kelas implementasi dan 2 kelas replikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran serta analisis hasil pretest-posttest menggunakan uji-t berpasangan dan n-gain. Hasil penelitian yang diperoleh : (1) keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas memperoleh nilai rata-rata 3,47 dengan kategori baik, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest-posttest, peningkatan keterampilan proses sains dalam kategori sedang dengan nilai <g> secara berututan pada ketiga kelas 0,55, 0,63 dan 0,62. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan terjadi peningkatan keterampilan proses sains setelah diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pemanasan global.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Keterlaksanaan Pembelajaran, Keterampilan Proses Sains.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

