PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN SETTING INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Authors

  • FIKA AMALIA
  • MADLAZIM

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini pre-experimental dengan desain one-grup pretest-posttest menggunnakan 1 kelas implementasi dan 2 kelas replikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran serta analisis hasil pretest-posttest menggunakan uji-t berpasangan dan n-gain. Hasil penelitian yang diperoleh : (1) keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas memperoleh nilai rata-rata 3,47 dengan kategori baik, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest-posttest, peningkatan keterampilan proses sains dalam kategori sedang dengan nilai <g> secara berututan pada ketiga kelas 0,55, 0,63 dan 0,62. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan terjadi peningkatan keterampilan proses sains setelah diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pemanasan global.

Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Keterlaksanaan Pembelajaran, Keterampilan Proses Sains.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

08-05-2019

How to Cite

AMALIA, F., & MADLAZIM. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN SETTING INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/27441

Issue

Section

Articles
Abstract views: 53 , PDF Downloads: 49

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>