Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Lab Virtual PhET pada Materi Gelombang Elektromagnetik di SMAN 1 Kutorejo
Abstract
Fisika merupakan salah satu cabang IPA (sains) yang mendasari perkembangan teknologi maju dan konsep hidup harmonis dengan alam. Fisika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan antara lain: mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis. Namun tujuan tersebut belum optimal di SMAN 1 Kutorejo. Hal ini dapat dilihat dari permasalahan yang ada di SMAN 1 Kutorejo yaitu siswa menganggap fisika itu sulit dan pembelajaran yang kurang menarik karena guru hanya menyampaikan pengetahuan deklaratif saja dan kurang tersedianya alat untuk melakukan praktikum. Sehingga perangkat yang digunakan tanpa adanya kegiatan laboratorium. Berdasarkan studi pustaka yang telah dilakukan, salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan lab virtual PhET, melalui pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan lab virtual PhET. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat dengan lab virtual PhET pada materi gelombang elektromagnetik di SMAN 1 Kutorejo yang dikembangkan dan untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat tersebut.. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk hasil telaah dan deskriptif kuantiatif untuk hasil validasi terhadap kelayakan perangkat pembelajaran dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan lab virtual PhET yang dikembangkan telah ”layak” digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

