Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Mendukung Multimedia Interaktif Fisitekh pada Pokok Bahasan Alat Optik Kelas VIII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran, mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran guna mendukung multimedia interaktif Fisitekh pada materi alat optik kelas VIII di SMPN 1 Prambon dan mengetahui keterlaksanaan perangkat yang meliputi hasil respon, ketuntasan hasil belajar, serta proses pelaksanaan pembelajaran dengan perangkat yang dikembangkan. Penelitian ini mengacu pada model 4-D yang dikemukakan Thiagarajan, yaitu 1) tahap pendefinisian (define), 2) tahap perencanaan (design), 3) tahap pengembangan (develop), 4) tahap penyebaran (disseminate). Namun penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap pengembangan. Perangkat yang telah dikembangkan di validasi oleh 2 dosen Fisika UNESA dan guru IPA-Fisika SMPN 1 Prambon. Uji coba terbatas perangkat pembelajaran dilakukan pada 36 siswa SMPN 1 Prambon. Penilaian terhadap perangkat secara umum meliputi silabus, RPP, LKS, buku siswa dan lembar penilaian memperoleh skor prosentase kelayakan berturut turut 83%;85%;85%;84% dan 90%, sehingga perangkat pembelajaran untuk mendukung multimedia interaktif Fisitekh layak untuk digunakan dengan kategori baik. Hasil pengamatan keterlaksanaan meliputi respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan adalah siswa merespons baik. Nilai hasil belajar siswa diperoleh dari gabungan ketiga aspek nilai yaitu kognitif, afektif dan psikomotor, seluruh siswa dinyatakan tuntas. Selain itu Dari hasil uji coba juga diperoleh bahwa guru telah melakukan pembelajaran Fisika dengan sangat baik yaitu dengan skor 3,5.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

