Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pemanasan Global

  • Inayah Fajri Setiana Universitas Negeri Surabaya
  • Madlazim Madlazim

Abstract

Abstrak                                                                                           

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan critical thinking skill siswa menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E terintegrasi STEM. Eksperimen ini dilaksakan di SMA Negeri 13 Surabaya pada semester dua tahun ajaran 2020/2021 menggunakan sistem pembelajaran daring dengan bantuan aplikasi Google Meet. Jenis riset yang digunakan adalah  pre-eksperimental dengan rancangan one grup pretest posttest. Siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Surabaya menjadi populasi penelitian dan melibatkan dua kelas yakni kelas XI MIPA 5 dan 6 sebagai sampel dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil  pretest dan posttest selanjutnya dianalisis menggunakan tes prasyarat. Syarat untuk dapat menghitung menggunakan uji-t berpasangan dan N-gain adalah skor pretest serta posttest masing-masing harus terdistribusi normal yang diperoleh dari perhitungan uji normalitas serta uji homogenitas. Gambar grafik rata-rata hasil pretest dan posttest  dari kedua kelas dapat digunakan untuk melihat peningkatan critical thinking skill siswa. Pada uji-t berpasangan dengan ketentuan thitung  > ttabel, didapatkan hasil uji-t 2,03<9,11 pada kelas XI MIPA 5 dan 2,03<13,29 di kelas XI MIPA 6, didapat kesimpulan bahwa hasil posttest lebih tinggi daripada hasil pretest. Hasil dari uji-t berpasangan juga dapat digunakan untuk melihat kenaikan skill berpikir kritis secara signifikan. Hasil uji-n gain di XI MIPA 5 berkategori tinggi sedangkan pada XI MIPA 6 berkategori sedang. Eksperimen pada kedua kelompok sample, diperoleh kesimpulan bahwa model learning cycle 7E terintegrasi STEM dapat menaikan  skill berpikir kritis siswa.

Kata kunci: Learning cycle 7E, STEM, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemanasan Global

Abstract

The research was purposed to increasing student’s critical thinking skills by using the learning model of STEM integrated 7E learning cycle. This research took place  at State Senior High School 13 Surabaya in the 2nd semester of academic year 2020-2021 using online learning with the help of Google Meet. Pre-experimental is used as the research type combined to a one group pretest posttest design. Students at XI grade class of Science at State Senior High School 13 Surabaya was used as population involving 2 classes as samples by purposive sampling. The pretest and posttest value data will be analyzed using a prerequisite test. Paired T-Test and N-Gain can be calculated with the condition that pretest and posttest score must be distributed normally which obtained by the calculation of normality test and homogeneity test. The graphic image of the average pretest and posttest scores of the two classes can be used as judging Student’s critical thinking skills improvement. In the paired t-test with the provisions of tcount > ttable, the results of the t-test were 2.03 < 9.11 in class XI MIPA 5 and 2.03 <13.29 in class XI MIPA 6,  concluded that the posttest score was higher than the pretest score. Based on the paired t-test, it can also be observed that there is a significant increase in critical thinking skills. The results of the n-test gain in class XI MIPA 5 are in the high category and in XI MIPA 6 are in the medium category. In this case, it can be concluded that from the two classes the STEM integrated 7E learning cycle model can improve students  critical thinking skills.

Keywords: Learning cycle 7E, STEM, Critical Thinking Skills, and Global Warming

Published
2021-07-17
Section
Teori dan Inovasi Pembelajaran Fisika