Pengembangan LKPD Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terintegrasi STEM Menggunakan PhET Simulation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p99-108Abstract
Abstrak
Penelitian serta pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini dilatarbelakangi oleh kurang terlatihnya keterampilan peserta didik SMA Negeri 1 Driyorejo dalam aspek berpikir kritis. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat terwujudnya LKPD yang valid, praktis serta efektif digunakan dalam proses belajar mengajar, utamanya dalam melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan kategori penelitian pengembangan yang menggunakan metode ADDIE dengan peserta didik SMA kelas XI MIPA sebagai sasaran percobaannya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yang mengungkapkan bahwa: 1) Tingkat LKPD yang divalidasi oleh dua dosen pendidikan fisika memperoleh skor validasi sebesar 96% dengan kategori sangat valid. Skor tersebut menyiratkan bahwa LKPD valid digunakan dalam pembelajaran 2) Tingkat kepraktisan LKPD yang didapatkan melalui angket respon dari peserta didik memperoleh skor kepraktisan sebesar 85,9 dengan kategori sangat praktis. Skor tersebut menandakan bahwa peserta didik memperlihatkan reaksi positif terhadap pengembangan LKPD 3) Tingkat keefektifan LKPD yang didapatkan dari perhitungan skor N-gain memperoleh skor 0,56 dengan kategori sedang. Skor tersebut membuktikan bahwa aspek pemikiran kritis peserta didik berkembang setelah penggunaan LKPD dalam pembelajaran. Berlandaskan hasil tersebut, maka d apat disimpulkan bahwa LKPD pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi STEM menggunakan media PhET Simulation ini telah memenuhi tolok ukur valid, praktis serta efektif untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis.
Kata kunci: LKPD, Inkuiri Terbimbing, STEM, PhET Simulation, Berpikir Kritis.
Abstract
The research and development of Student Worksheet (LKPD) was conducted by the lack of training in the skills of students of Driyorejo 1 Public High School in the critical thinking aspect. Through this research, it is hoped that a valid, practical and effective LKPD can be used in the teaching and learning process, especially in training and improving critical thinking skills. This research is a development research category that used the ADDIE method with high school students in class XI MIPA as the experimental target. Based on the research that has been done, the results showed that: 1) The level of LKPD which was validated by two physics education lecturers obtained a validation score of 96% with a very valid category. This score implied that the LKPD is valid for use in learning 2) The practicality level of the LKPD was obtained through the response questionnaire from students obtained a practicality score of 85.9 with the very practical category. This score indicates that students show a positive reaction to the development of LKPD. 3) The level of effectiveness of the LKPD obtained from the calculation of the N-gain score obtains a score of 0.56 in the moderate category. This score proves that the critical thinking aspects of students develop after the use of LKPD in learning. Based on these results, it can be concluded that the STEM integrated guided inquiry learning worksheet using PhET Simulation media has met valid, practical and effective benchmarks to improve students' skills in critical thinking.
Keywords: LKPD, Guided Inquiry, STEM, PhET Simulation, Critical Thinking.