PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) SISWA SMA

  • DYAH PUTRI OKTAVIANDANY
  • MADLAZIM MADLAZIM

Abstract

Abstrak

Google Classroom ialah salah satu sumber belajar yang interaktif, yang memungkinkan peserta didik untuk berkomunikasi melalui virtual dengan melihat preentasi, video, berinteraksi dengan orang lain, dan terlibaat dalam sumber daya dalam bekerja kelompok. Agar dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan google classroom diperlukan perangkat pembelajaran fisika yag valid dan dapat mendukung penggunaan google classroom untuk mencapai kompetensi dasar yang hendak diberikan kepada peserta didik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memaparkan validitas perangkat pembelajaran fisika berbantuan google classroom untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap peserta didik. kemampuan Efektivitas siswa dalam belajar menggunakan google classroom. menanggapi respon siswa dalam penerapan materi Hukum Newton dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif – kuantitatif. Dari penelitian ini didapatkan hasil study literatur presentase validitas yang menunjukkan bahwa presentase validitas silabus sebesar 87,5%, presentase validitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebesar sebesar 81,25% dengan kategori valid. Dengan hasil validasi Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar 88,75% dengan kategori sangat valid. Dengan hasil validasi Kisi-kisi Soal sebesar 85,94% dengan kategori sangat valid. Dengan hasil validasi Angket Respon Siswa sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid. Dengan hasil validasi Handout sebesar 83,9% dengan kategori dangat valid. Dengan hasil validasi Keterlaksanaan Pembelajaran sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Sehingga perangkat pembelajaran yang diterpkan sangat valid digunakan dalam pembelajaran fisika

Kata Kunci: validitas, berpikir tingkat tinggi, google classroom, guided iquirydan Hukum Newton.

Published
2020-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 101