VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA

  • GURUH MARDI SANTOSO
  • MADLAZIM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dari perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), Handout. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sudah dapat dikatakan valid dan telah layak digunakan. Penilaian validitas pada perangkat berupa RPP menghasilkan nilai kevalidan secara keseluruhan yaitu 3,75 (sangat valid). Kemudian LKS menghasilkan nilai kevalidan secara keseluruhan yaitu 3,40 (valid). Selanjutnya Handout menghasilkan nilai kevalidan keseluruhan yaitu 3,78 (sangat valid).

Kata Kunci: model inkuiri terbimbing, validitas, perangkat pembelajaran.

Published
2020-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 72