VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA

Authors

  • GURUH MARDI SANTOSO
  • MADLAZIM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dari perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), Handout. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sudah dapat dikatakan valid dan telah layak digunakan. Penilaian validitas pada perangkat berupa RPP menghasilkan nilai kevalidan secara keseluruhan yaitu 3,75 (sangat valid). Kemudian LKS menghasilkan nilai kevalidan secara keseluruhan yaitu 3,40 (valid). Selanjutnya Handout menghasilkan nilai kevalidan keseluruhan yaitu 3,78 (sangat valid).

Kata Kunci: model inkuiri terbimbing, validitas, perangkat pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-06-2020

How to Cite

MARDI SANTOSO, G., & MADLAZIM. (2020). VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/34072

Issue

Section

Articles
Abstract views: 77 , PDF Downloads: 94

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>