PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI LAB VIRTUAL DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA MATERI GELOMBANG MEKANIK

Authors

  • RINA OKTAFIA
  • SETYO ADMOKO

Abstract

Miskonsepsi adalah suatu kondisi akan banyaknya konsepsi dalam pemahaman siswa yang kurang sesuai dengan pengetahuan ilmiah. Penelitian ini bertujuan menganalisis penurunan miskonsepsi siswa setelah diterapkan model pembelajaran guided discovery berbantuan simulasi lab virtual. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan rancangan one-group pretest posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran guided discovery berbantuan simulasi lab virtual dapat mereduksi secara signifikan miskonsepsi gelombang mekanik pada kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 dengan penurunan sebesar -0,52; -0,64 dan -1,11. Dan konsisten menurunkan miskonsepsi saat diterapkan pada ketiga kelas.

Kata kunci: Miskonsepsi, Guided Discovery berbantuan Simulasi Lab Virtual, Gelombang Mekanik.






Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

06-05-2019

How to Cite

OKTAFIA, R., & ADMOKO, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI LAB VIRTUAL DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA MATERI GELOMBANG MEKANIK. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/27390

Issue

Section

Articles
Abstract views: 87 , PDF Downloads: 166

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>