Pengembangan Alat Praktikum Hukum II Newton dengan Sensor Infrared untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas X

Authors

  • KURNIA MEGA JANNAH SUBHAN
  • IMAM SUCAHYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat praktikum Hukum II Newton dengan sensor Infrared yang layak (valid, praktis dan efektif). Penelitian pengembangan ini menggunakan model Analysis-Desain-Develop-Implement-Evaluate (ADDIE). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik validasi, teknik observasi dan teknik angket dengan sasaran penelitian siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri Jogoroto. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persentase validitas alat praktikum dari dosen sebesar 88,33% dengan kategori sangat valid; 2) Persentase kepraktisan yang ditinjau dari hasil keterlaksanaan dan kendala pembelajaran sebesar 88,19% dengan kategori sangat praktis; 3) Persentase keefektifan yang ditinjau dari nilai keterampilan proses sains dengan rentang 72%-82% (merancang percobaan 79,84%; melakukan percobaan 82,26%; pengumpulan data 78,63%; menganalisis data 74,59%; dan menarik kesimpulan 72,17%) serta ditinjau dari respons siswa sebesar 95,77% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, Alat Praktikum Hukum II Newton dengan sensor Infrared dinyatakan layak dan dapat melatihkan keterampilan proses sains.

Kata Kunci: Alat praktikum Hukum II Newton dengan sensor Infrared, ketarampilan proses sains.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

26-05-2020

How to Cite

MEGA JANNAH SUBHAN, K., & SUCAHYO, I. (2020). Pengembangan Alat Praktikum Hukum II Newton dengan Sensor Infrared untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas X. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/33659

Issue

Section

Articles
Abstract views: 559 , PDF Downloads: 354