PENERAPAN MEDIA QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA

  • NUR WAHYU HIDAYAT
  • IMAM SUCAHYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan media quipper school pada materi gerak harmonik sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experiment dengan teknik analisis data Statistik Korelasi product moment desain non equivalent control group design, karena menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 tepatnya pada tanggal 16 April – 25 April 2019. Subyek penelitian yaiti kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes hasil belajar (pre test dan post test). Hasil dianalisis dengan uji-t berpasangan dan uji n-gain score. Hasil penelitian menujukkan hasil belajar siswa dikedua kelas mengalami peningkatan belajar yang signifikan yang dibuktikan oleh uji-t. Tingkat peningkatan n-gain score di kelas eksperimen rata-rata sebesar 0,8 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol mendapat n-gain score rata-rata sebesar 0,3 termasuk dalam kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa kenaikan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi. Media quipper school membantu 94% siswa mencapai nilai kkm di kelas eksperimen. Media quipper school efektif meningkatkan hasil belajar fisika siswa dengan nilai rata-rata persentase efektif sebesar 77% dan cukup efektif sebesar 23% di kelas eksperimen.

Kata Kunci : Media quipper school, hasil belajar, gerak harmonik sederhana.






Published
2019-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 75