Tren Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Mengajarkan Materi Fisika di SMA

  • Diana Putri Larasati Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Sucahyo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Guided Discovery serta pengaruhnya terhadap pembelajaran fisika bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Libraby Research atau penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan merupakan suatu rangkaian penelitian dengan pengumpulan data pustaka atau objek penelitiannya diambil dari bermacam informasi kepustakaan seperti buku, jurnal ilmiah, ensiklopedia, majalah, koran serta dokumen lainnya. Data yang digunakan yaitu data sekunder hasil penelitian jurnal yang relevan. Teknik analisis yang digunakan adalah antara lain: 1) Organize, yaitu mengelola literature yang akan direview; 2) Synthesize, yaitu menyatukan hasil organisasi literature menjadi satu ringkasan agar menjadi literature yang solid; 3) Identify, yaitu mengidentifikasi literature untuk kemudian disimpulkan. Berdasarkan hasil situs Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) menunjukkan bahwa model pembelajaran Guided Discovery digunakan dalam berbagai tujuan belajar diantara lain melatih dan meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, melatih keterampilan argumentasi, meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, meningkatkan pemahaman konsep siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, hingga mereduksi miskonsepsi siswa pada materi fisika. Penelitian membahas sebanyak 22 jurnal penelitian yang relevan. Hasil dari penelitian ini yaitu Guided Discovery dapat dijadikan solusi metode pembelajaran fisika karena telah terbukti dapat meningkatkan beberapa aspek tujuan belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberi inovasi dalam pembelajaran materi fisika untuk melatih dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa.

Kata Kunci: Guided Discovery, Library Research, Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Keterampilan Argumentasi, Miskonsepsi

Abstract

This study aims to describe the application of Guided Discovery learning model and its effect on learning physics for students. The research method used is Library Research. Library Research is a series of research by collecting library data or object of research taken from various libraries information such as books, encyclopedias, scientific journals, magazines, newspapers, and other documents. The data used is secondary data from relevant journals research data. The analysis techniques used include: 1) Organize which is managing the literature to be reviewed; 2) Synthesize which is to combine the result of the organization into one summary so that it becomes a solid literature; 3) Identify which is identifying literature to be concluded. Based on the results of the Journal of Physics Education Innovation (JIPF) website, Guided Discovery learning model is used in various learning objectives including training and improving students’ science process skills, improving student learning outcomes, practicing students’ argumentation skills, improving students’ critical thinking skills, increasing student understanding of concepts, improving students’ creative thinking skills, up to reduce students’ misconceptions on physics material. The research discusess as many as 22 relevant research journals. The result of this study is that Guided Discovery can be used as a solution for physics learning methods because it has been proven to improve several aspect of learning objective. This research is expected to provide innovation in learning physics material to train and improve students’ knowledge and skills.

Keywords: Guided Discovery, Library Research, Science Process Skills, Critical Thinking Skills, Understanding of Concepts, Argumentations Skills, Misconception

Published
2021-07-31
Section
Teori dan Inovasi Pembelajaran Fisika